Perbandingan anatomi endokrin reptilia dan mamalia

Perbandingan anatomi endokrin reptilia dan mamalia

Jawaban

Perbedaan anatomi kelenjar endokrin antara hewan reptilia dan mamalia yaitu terletak pada pituari posterior hormon pada hewan reptil mensekresikan argininevasotocin dan mesotocin. Serta terjadi sekresi pada korteks adrenal yaitu corticosterone. Sedangkan pada mamalia  terdapat plasenta yang berperan penting dalam reproduksi mamalia. Sistem kontrol kelenjar-kelenjar tanpa adanya saluran penghasil hormon yang tersirkulasi di dalam  tubuh yang melewati aliran darah berperan dalam memengaruhi organ-organ lainnya dinamakan dengan sistem endokrin. Hormon hormon memiliki fungsi untuk membawa pesan lalu dibawa oleh aliran darah menuju sel-sel di dalam tubuh, kemudian pesan tersebut di terjemahkan menjadi suatu tindakan.

Pembahasan

Sistem endokrin termasuk pada  bagian dari suatu sistem koordinasi yang berperan dalam mengatur berbagai aktivitas di dalam tubuh. Kelenjar eksokrin diantaranya kelenjar ludah, kelenjar keringat, serta  kelenjar-kelenjar lain yang ada di dalam saluran gastroinstestin tidak termasuk sistem endokrin.

Ada pun anatomi kelenjar endokrin pada hewan seperti reptil yaitu terdapat hipofisis, tiroid adrenal, pankreas, ovarium,testis dan pineal. Ada sedikit  perbedaan hormon antara reptil dengan hewan mamalia. Yaitu terletak pada pituitari (hipofisis) posterior pada reptil mensekresikan hormon arginine vasotocin (AVT) dan mesotocin. Serta terjadi  sekresi dari korteks adrenal yaitu corticosterone. Sedangkan anatomi kelenjar endokrin pada hewan mamalia yaitu terdiri dari hipotalamus, tiroid, hipofisis, paratiroid,  pankreas, timus, gonad dan adrenal. Sekresi hormon-hormon tersebut dapat memengaruhi sel-sel  mamalia  satu dengan lainnya selama tahap perkembangan mamalia. Pada mamalia terdapat plasenta yang merupakan salah satu sumber hormon yang sangat  penting dalam proses reproduksi, dan  hanya berada pada mamalia betina. Saat  kehamilan plasenta akan mensekresikan hormon estrogen dan progesteron, dan chorionic gonadotropin di dalam kelompok Primata.

Check Also

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama!

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama! Jawaban Menurut pendapat …