Apabila mata terkena debu secara tiba-tiba maka bola mata akan segera tertutup , urutan jalan implus saraf pada peristiwa tersebut adalah

Apabila mata terkena debu secara tiba-tiba maka bola mata akan segera tertutup , urutan jalan implus saraf pada peristiwa tersebut adalah

Jawaban

Mata yang terkena debu secara tiba-tiba akan segera menutup. Hal ini terjadi karena adanya gerak refleks (gerak tidak sadar). Urutan jalannya impuls pada peristiwa tersebut adalah sebagai berikut: rangsangan – reseptor (alat indra) – neuron sensorik – sumsum tulang belakang – neuron motorik – efektor (otot) – gerak.

Pembahasan

Sel saraf yang disebut juga sebagai neuron berfungsi sebagai penghantar rangsangan atau impuls dari luar atau lingkungan yang akan ditafsirkan menjadi efek di dalam tubuh manusia. Berdasarkan fungsinya, sel saraf atau neuron terbagi menjadi 3 macam, yaitu:

  1. Neuron sensorik  atau neuron aferen, merupakan neuron yang berfungsi menghubungkan reseptor yang banyak terdapat pada alat indra ke saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang).
  2. Neuron motorik atau neuron eferen, merupakan neuron yang berfungsi menghubungkan saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang) ke efektor yang banyak terdapat di otot dan kelenjar tubuh.
  3. Neuron konektor atau interneuron, merupakan neuron yang berfungsi menghubungkan neuron sensorik dengan neuron motorik.

Gerak terbagi menjadi dua macam, yaitu gerak biasa atau sadar dan gerak refleks atau gerak tidak sadar. Adapun mekanisme gerak adalah sebagai berikut:

  1. Mekanisme gerak biasa atau gerak sadar, yaitu gerak yang disadari sepenuhnya oleh seseorang atau gerak yang disengaja. Dimulai dari rangsangan – reseptor (alat indra) – neuron sensorik – otak – neuron motorik – efektor (otot) – gerak.
  2. Mekanisme gerak refleks atau gerak tidak sadar, yaitu gerak yang tidak disadari atau gerak yang terjadi tanpa sadar di dalam tubuh. Dimulai dari rangsangan – reseptor (alat indra) – neuron sensorik – sumsum tulang belakang – neuron motorik – efektor (otot) – gerak.

Check Also

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi yang menandai masa kejayaannya adalah

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi …