Bagaimana Sistem ekonomi yang ideal berlaku di Indonesia menurut konstitusi?

Bagaimana Sistem ekonomi yang ideal berlaku di Indonesia menurut konstitusi?

Jawaban

Di Indonesia terdapat sistem ekonomi yang ideal menurut konstitusi yaitu berdasarkan UUD 1945 yang pertama lahir setelah amandemen pada BAB XIV  yaitu bertemakan “Perekonomian Nasional dan

Kesejahteraan Sosial”

Pembahasan

Konstitusi bertujuan untuk membatasi kekuasaan. Selain itu juga menjamin hak sipil, hak politik, hak budaya, hak sosial, serta hak ekonomi. Apabila sistem ekonomi dibiarkan berjalan dengan sendirinya, maka penguasaan pasar dapat bertindak bebas, yang akan melahirkan sistem monopoli pasar dan otoritarian. Hal inilah yang pada akhirnya akan membunuh demokrasi itu sendiri.

Konstitusi ekonomi kerakyatan memiliki karakteristik yaitu memiliki peran yang sangat penting untuk menjadi penyeimbang antara masyarakat, negara,  dengan pasar. Adapun mekanisme dalam ekonomi tidak dapat sepenuhnya diserahkan kepada pasar tanpa adanya kontrol, karenanya peran negara sangat diperlukan dalam ekonomi kerakyatan. Dalam pasal 27 ayat (2) menyatakan bahwa pemerintah menjadi  fasilitator yang harus bersikap adil dalam mendistribusikan dukungan secara regulasi, implementasi maupun infrastruktur antara pemilik modal besar yaitu dalam makro ekonomi dan mikro ekonomi,  Hal itu termasuk juga Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).