Kekayaan wilayah nusantara baik itu yang berupa potensial maupun efektif adalah modal dan milik bersama bangsa dan digunakan untuk kepentingan seluruh daerah serta dalam perkembangannya harus merata dan seimbang merupakan makna dari Indonesia sebagai

Kekayaan wilayah nusantara baik itu yang berupa potensial maupun efektif adalah modal dan milik bersama bangsa dan digunakan untuk kepentingan seluruh daerah serta dalam perkembangannya harus merata dan seimbang merupakan makna dari Indonesia sebagai

Jawaban

Baik yang berupa efektif maupun berupa potensial, kekayaan nusantara adalah modal dan juga milik ibu kota negara, milik bersama, digunakan untuk kepentingan seluruh daerah, dan merata dalam pembangunannya. Hal tersebut merupakan makna dari Indonesia sebagai satu kesatuan politik.

Pembahasan

Perwujudan Wawasan Nusantara sebagai satu kesatuan untuk mencapai tujuan pembangunan nasional melibatkan berbagai aspek kesatuan, antara lain politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan. Indonesia adalah negara yang sangat beragam. Misalnya, dari sudut pandang etnis, negara ini terdiri dari berbagai kelompok etnis seperti  Sunda, Jawa, Dayak dan Bugis. Setiap suku bangsa memiliki keragaman budaya dan kekayaan alam yang memperkaya budaya asli Indonesia. Semua keragaman ini membutuhkan persatuan. Dengan menyatukan, segala sesuatu yang terlihat berbeda  dapat disatukan menjadi satu kesatuan yang utuh. Dan Perserikatan Bangsa-Bangsa digerakkan oleh kemauan yang sadar dan bertanggung jawab untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang bebas dalam suatu bangsa yang merdeka, berdaulat, adil dan makmur.

Perwujudan nusantara sebagai satu kesatuan politik, yaitu:

  1. Kesatuan wilayah  dengan segala isi dan kekayaannya bukan hanya merupakan modal dan milik bersama negara, tetapi juga kesatuan wilayah, wadah, habitat, dan kesatuan mitra di seluruh negeri.
  2. Negara Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan bahasa serta berwawasan dan meyakini berbagai agama dan kepercayaan tentang Tuhan Yang Maha Esa, dalam arti luas adalah negara kesatuan.
  3. Secara psikologis, masyarakat Indonesia merasa satu, senasib, bersaudara, dan  bertekad mewujudkan cita-cita negara.
  4. Pancasila adalah bangsa dan satu-satunya falsafah dan ideologi bangsa, yang membimbing, membimbing, dan membimbing bangsa menuju tujuannya.
  5. Kehidupan politik nusantara adalah  kesatuan politik berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  6. Seluruh nusantara adalah satu kesatuan hukum dengan hanya satu undang-undang yang melayani kepentingan nasional.
  7. Rakyat Indonesia hidup berdampingan dengan negara lain, ikut serta dalam menegakkan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial melalui politik luar negeri yang bebas aktif, dan mengusahakannya untuk kepentingan nasional.

Check Also

Bagaimana cara membuat larutan pewarna dalam pembuatan batik jumputan sederhana?​

Bagaimana cara membuat larutan pewarna dalam pembuatan batik jumputan sederhana?​ Jawaban Larutan pewarna untuk batik jumputan dapat berupa pewarna …