Bagaimana perasaan mu ketika tahu bahwa pada akhirnya pulau Sipadan dan Ligitan lepas ke tangan Malaysia

Bagaimana perasaan mu ketika tahu bahwa pada akhirnya pulau Sipadan dan Ligitan lepas ke tangan Malaysia

Jawaban

Berbagai macam emosi yang saya rasakan ketika mengetahui bahwa Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan menjadi bagian dari Malaysia, utamanya adalah perasaan sedih dan kecewa.

Pembahasan

Ketika mengetahui bahwa Pulau Ligitan dan Pulau Sipadan sudah lepas menjadi milik Malaysia, awalnya saya merasa terkejut. Bagaimana bisa kedua pulau tersebut menjadi milik Malaysia. Disamping terkejut, saya juga merasa sedih dan kecewa. Sedih karena pulau tersebut diklaim oleh negara lain dan akhirnya menjadi miliki negara tersebut. Kekecewaan terbentuk dan mulai bertanya-tanya bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Apakah sudah diupayakan mati-matian agar pulau tersebut menjadi bagian dari Nusantara, mengapa tidak sedari dulu diperhatikan, dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya.

Tapi nasi sudah menjadi bubur, perkara tersebut sudah terjadi. Hal yang bisa dipetik dan dipelajari dari peristiwa ini ialah untuk menjaga dan melestarikan apa yang sudah dimiliki saat ini agar tidak diklaim menjadi pihak luar.

Selain itu, yang dapat diperhatikan dan diambil pelajaran lagi adalah yang menjadi penyebab lepasnya pulau tersebut dan memperkencang penanganan dan pencegahan terkait sebab-sebab tersebut.

Check Also

Apakah naftol termasuk dalam golongan senyawa polisiklik cincin terpadu atau terpisah?

Apakah naftol termasuk dalam golongan senyawa polisiklik cincin terpadu atau terpisah? Jawaban Naftol adalah senyawa …