Contoh penggunaan metode ilmiah dapat ditemukan dalam penciptaan?

Contoh penggunaan metode ilmiah dapat ditemukan dalam penciptaan?

Jawaban

Metode ilmiah merupakan suatu cara sistematis untuk menemukan jawaban dari suatu masalah. Salah satu penggunaan metode ilmiah bisa ditemukan dalam penciptaan Kerajinan.

Pembahasan

Metode ilmiah adalah metode sistematis yang digunakan  ilmuwan untuk menemukan solusi atau  jawaban atas masalah yang dihadapi dalam penelitiannya. Penelitian itu sendiri merupakan upaya untuk menemukan, mengembangkan dan memverifikasi kebenaran  pengetahuan yang dilakukan dengan  metode ilmiah. Metode ilmiah dimulai dengan mengamati fenomena dan gejala, mengidentifikasi dan merumuskan masalah berdasarkan pengamatan, merumuskan hipotesis, melakukan penelitian untuk menguji hipotesis, dan  terakhir  menarik kesimpulan.

Metode ilmiah juga merupakan cara untuk menyelidiki fenomena, menyimpulkan sesuatu yang baru,  dan menyempurnakan penelitian untuk menggabungkannya dengan pengetahuan sebelumnya. Berikut langkah-langkah membuat metode ilmiah. Metode ilmiah menggunakan langkah-langkah yang sistematis, teratur, terkendali. Metode ilmiah memiliki beberapa tahapan:

  1. Rumusan masalah. Pada fase ini, peneliti memutuskan apa yang perlu diselesaikan, diselesaikan, dan diselidiki. Perumusan masalah biasanya dimulai dengan identifikasi masalah.
  2. Mengumpulkan informasi. Informasi yang dikumpulkan adalah semua informasi yang mengarah dan dekat dengan pemecahan masalah.
  3. Buatlah hipotesis. Hipotesis adalah jawaban awal yang diedit berdasarkan data atau informasi yang diperoleh selama observasi atau tinjauan pustaka.
  4. Menguji hipotesis dengan eksperimen atau penelitian.
  5. Pengolahan data eksperimen (hasil) menggunakan metode statistik untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang menggunakan metode ini adalah data yang objektif, tidak terpengaruh oleh subjektivitas peneliti, dan bersifat universal (hasil yang sama dapat diperoleh oleh siapa saja, dimana saja).
  6. Uji kesimpulannya. Pengujian ulang diperlukan untuk mengkonfirmasi kebenaran hipotesis berdasarkan hasil eksperimen. Jika hasil pengujian selalu mendukung hipotesis, hipotesis dapat berupa aturan, atau bahkan teori.
  7. Komunikasi hasil penelitian. Langkah terakhir adalah menyebarluaskan dan mempublikasikan hasil penelitian Anda kepada orang lain dalam bentuk laporan tertulis atau melalui forum diskusi dan seminar.

Check Also

persoalan apa yang diteliti oleh penulis dalam karya ilmiah?

Persoalan yang diteliti oleh penulis dalam karya ilmiah adalah hal yang berkaitan dengan makhluk hidup, …