Suku dari bangsa Arab yang menetap di Yatsrip adalah?

Suku dari bangsa Arab yang menetap di Yatsrip adalah?

Jawaban

Yatsrib atau yang sekarang dikenal Madinah adalah kota tujuan Nabi Muhammad SAW saat hijrah untuk menghindari kaum Quraisy. Suku dari bangsa Arab yang menetap di Yatsrib adalah suku Aus dan Khazraj.

Pembahasan

Sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah pada tanggal 22 September 622, nama kota tersebut ialah Yatsrib. Ada yang berpendapat bahwa nama Yatsrib berasal dari bahasa Ibrani atau Aram. Pendapat lain mengatakan bahwa nama itu ialah sebutan bagi masyarakat Arab selatan. Yang jelas, kota oase tersebut telah berdiri sejak zaman kuno.

Sebelum dikuasai oleh penduduk Arab Islam, penduduk Yatsrib terdiri atas dua suku dominan, yaitu Arab dan Yahudi. Kedua bangsa tersebut datang ke Yatsrib setelah penduduk sebelumnya dari suku Amaliqah punah. Suku-suku Yahudi terkenal di sana ialah Bani Quraizah, Bani Nadir, dan Bani Qunaiqa. Sedangkan, penduduk Arab, seperti yang telah disebutkan dalam Ensiklopedi Islam, berasal dari wilayah selatan berpindah setelah jebolnya Bendungan Ma’arib. Mereka berasal dari suku Aus dan Khazraj.

Check Also

Sebutkan 10 kewajiban manusia terhadap hutan

Sebutkan 10 kewajiban manusia terhadap hutan Jawaban Berikut contoh 10 kewajiban manusia atas hutan: Wajib …