Jelaskan prinsip jumlah kromosom​!

Jelaskan prinsip jumlah kromosom​!

Jawaban

Kromosom merupakan pembawa gen pada manusia. Prinsip jumlah kromosom adalah jumlah kromosom pada gamet adalah setengah dari sel tubuh dan jumlah autosom pada gametnya adalah jumlah semua kromosom dikurangi 1.

Pembahasan

Kromosom merupakan sebuah struktur makromolekul yang tersusun dari DNA dan molekul lain di mana informasi genetik tersimpan sel. Kromosom digunakan sebagai badan yang dapat mengikat dan menyerap warna yang terdapat di inti sel. Tipe kromosom ada 2 yaitu:

  • Autosom (kromosom tubuh) merupakan kromosom tubuh dan tidak dapat menentukan jenis kelamin yang berjumlah 44 buah atau 22 pasang
  • Gonosom (kromosom seks) merupakan kromosom seks yang dapat menentukan jenis kelamin. Pada manusia berjumlah 1 pasang (XY : laki-laki, XX : Wanita)

Pada manusia jumlah kromosom adalah 46 buah, sel telur atau sel sperma hanya memiliki 23 kromosom. Adanya fertilisasi (pembuahan inti sel telur dan inti sel sperma) mengembalikan jumlah kromosom sel tubuh menjadi 46 buah.

Perhitungan jumlah kromosom:

  • Jumlah kromosom pada gametnya adalah setengah dari sel tubuhnya
  • Jumlah autosom pada gametnya adalah jumlah semua kromosom dikurangi 1.

Check Also

Bagaimana cara membuat larutan pewarna dalam pembuatan batik jumputan sederhana?​

Bagaimana cara membuat larutan pewarna dalam pembuatan batik jumputan sederhana?​ Jawaban Larutan pewarna untuk batik jumputan dapat berupa pewarna …