Contoh integrasi nasional secara horizontal dan vertikal?

Contoh integrasi nasional secara horizontal dan vertikal?

Jawaban

Contoh integrasi nasional vertikal adalah:

  • Perbedaan yang terjadi seperti kesenjangan politik, ekonomi, budaya antara perkotaan dan pedesaan, pendidikan dan tidak berpendidikan, elite nasional dan kaum tradisional, kaya miskin juga merupakan perbedaan dimensi vertikal masyarakat Indonesia.
  • Gaya hidup di kota, kaum elite politik, kaum berpendidikan dan kaya biasanya lebih modern dan menganut budaya hidup metropolitan.
  • Penduduk desa dan bertani, yang masih menganut budaya tradisional dan menjalankan praktik hidup tradisi secara turun temurun dari daerah masing-masing.

Contoh integrasi horisontal adalah:

  • Hubungan etnik, keluarga, bahasa, agama, dan rasial yang banyak sekali perbedaan.
  • Sentimen primordial kedaerahan atau solidaritas rasa kesukuan yang tinggi.
  • Sisa-sisa peninggalan dari warisan penjajah Belanda yang membuat masyarakat Indonesia masih sering dilanda terpecah belah misal batas-batas provinsi atau kabupaten.

Pembahasan

Integrasi nasional sangat diperlukan bagi bangsa Indonesia agar dapat tercipta keselarasan dan keharmonisan di tengah-tengah keberagaman masyarakat . Selain itu, integrasi nasional juga sangat diperlukan demi keutuhan negara dari berbagai ancaman.

Ancaman terhadap integrasi nasional tersebut bisa saja datang dari berbagai sektor. Salah satu atau di antaranya ancaman terhadap integrasi nasional dalam bidang pertahanan dan keamanan.

Check Also

Terangkan hal-hal pokok yang harus diperhatikan dalam membudayakan satwa harapan?

Terangkan hal-hal pokok yang harus diperhatikan dalam membudayakan satwa harapan? Jawaban hal hal pokok yang …