Bagaimana kekuasaan raja pada masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia?

Bagaimana kekuasaan raja pada masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia?

Jawaban

Kekuasaan raja pada jaman kerajaan islam:

Raja diberi kekuasaan penuh oleh rakyat untuk mengatur kehidupan di masyarakat. Kekuasaan itu yang bersumber dari kekuasaan tradisional dan kekuasaan yang bersifat karismatik. Kekuasaan karismatik ditandai dengan adanya pemilikan apa yang disebut sahala harajaon atau wibawa kerajaan yang juga didapat dari rakyat.

Kekuasaan dari seorang raja bisa diajak memeluk agama Islam, sebagian besar rakyatnya juga akan mengikuti agama sang raja dengan melakukan hal yang sama yaitu ikut memeluk agam dari Rajanya. Kepentingan politik akan muncul lagi ketika raja ingin menambah wilayah kekuasaan yang sekaligus ikut menyebarluaskan ajaran Islam.

Pembahasan

Tumbuhnya kerajaan Islam yang ada di Indonesia yaitu sekitar abad ke-13 juga terbantu oleh faktor dari transportasi dari jalur perdagangan laut nusantara saat itu. Sejak saat itu, banyak dari pedagang Islam dari berbagai belahan dunia, mulai dari bangsa Arab, Persia, India, hingga China, masuk ke wilayah di Nusantara.

Kerajaan Islam Indonesia yang muncul pada saat itu juga menjadi bagian dari perkembangan berbagai budaya yang ada di Nusantara. Salah satu faktor yang membuat kerajaan Islam tersebut jauh lebih makmur berabad-abad yang lalu adalah karena dampak adanya terhadap keberadaan jalur perdagangan dari wilayah Timur Tengah, India, dan negara-negara lain.

Beberapa dari kerajaan Islam tertua di nusantara yang menjadi bukti jejak peninggalan Islam dan masih bisa disaksikan sampai dengan hari ini di antaranya ialah Kerajaan Perlak 840-1292, Kerajaan Ternate 1257, Kerajaan Samudera Pasai 1267-1521, Kerajaan Gowa 1300-1945, Kesultanan Malaka 1405-1511, Kerajaan Islam Cirebon 1430-1677, Kerajaan Demak 1478-1554, Kerajaan Islam Banten 1526-1813, Kerajaan Pajang 1568-1586), dan Kerajaan Mataram Islam 1588-1680.

Check Also

Apa perbedaan active information gathering dan passive information gathering​?

Apa perbedaan active information gathering dan passive information gathering​? Jawaban Jenis-jenis teknik pengumpulan informasi adalah …