Mengapa Airlangga membagi kerajaannya menjadi dua bagian?

Mengapa Airlangga membagi kerajaannya menjadi dua bagian?

Jawaban

Alasan mengapa Airlangga membagi kerajaannya menjadi dua bagian adalah kekhawatiran beliau jika dikemudian hari kedua anaknya saling berebut kekuasaan sehingga menyebabkan pertumpahan darah. Akhirnya ia pun membagi kerajaannya menjadi wilayah Barat dan wilayah Timur.

Pembahasan

Kerajaan Janggala dan kerajaan Panjalu merupakan dua kerajaan yang dulunya satu, yaitu kerajaan Medangkamulan, yang di dalam kitab Negarakertagama kerajaan ini disebut sebagai Panjalu yang beribukota di Daha. Raja Airlangga sendiri merupakan raja yang menurunkan raja-raja yang memerintah di kerajaan Kediri yang menjadi salah satu kerajaan besar di bumi Nusantara.

Airlangga, atau yang biasa disebut Erlangga mempunyai tiga orang anakAnak tertua Raja Erlangga menolak naik tahta menggantikan ayahnya, dan memilih menjadi pertapa. Sehingga di tahun 1041 Erlangga membagi dua kerajaannya untuk kedua anaknya yaitu Sri Samarawijaya dan Mapanji Garasakan.

Sri Samarawijaya memerintah wilayah barat, yaitu Panjalu yang beribukota di Daha. Untuk Mapanji Garasakan sendiri memerintah wilayah timur, yaitu Janggala dengan ibukotanya bernama Kahuripan. Baik kerajaan Panjalu maupun kerajaan Kahuripan yang notebene masih saudara kandung ini tetap berperang memperebutkan seluruh tahta ayahnya.

Selama 60 tahun peperangan keduanya terus terjadi dan akhirnya kerajaan Panjalu menjadi pemenang dan menyatukan kerajaan Janggala ke dalam wilayah Panjalu. Ketika kerajaan semakin besar, ibukota kerajaan pun dipindahkan ke Kediri. Akhirnya kerajaan Kediri lah yang lebih dikenal di Nusantara sebagai penerus kerajaan yang ditinggalkan oleh raja Erlangga.

Check Also

5 contoh soal essay PKn kelas 7 semester 2​

5 contoh soal essay PKn kelas 7 semester 2​ Jawaban 1. Apa penyebab terjadinya keberagaman …