Emmanuel Kant mengemukakan bahwa sejarah dan geografi merupakan ilmu dwitunggal

Emmanuel Kant mengemukakan bahwa sejarah dan geografi merupakan ilmu dwitunggal

Jawaban

Maksud dari pernyataan Emmanuel Kant bahwa sejarah dan Geografi merupakan ilmu dwi tunggal adalah jika mempertanyakan suatu peristiwa “kapan” terjadinya pada suatu sejarah, maka belum lengkap jika tidak menanyakan “dimana” tempat kejadian tersebut. Sehingga dimensi waktu dan ruang atau tempat saling melengkapi.

Pembahasan

Perspektif global merupakan suatu sudut pandang dan berpikir terhadap suatu masalah, peristiwa atau kegiatan dari sudut kepentingan global (dunia atau internasional), sehingga sikap kita diarahkan untuk kepentingan global. Perspektif global dari visi sejarah mengacu pada konsep waktu. Perspektif sejarah suatu peristiwa, membawa citra kepada kita tentang suatu pengalaman masa lampau yang bisa dikaji hari ini supaya bisa memprediksi kejadian yang akan datang. Emmanuel Kant mengatakan bahwa sejarah dan Geografi merupakan ilmu dwi tunggal. Maksudnya adalah jika mempertanyakan suatu peristiwa “kapan” terjadinya pada suatu sejarah, maka belum lengkap jika tidak menanyakan “dimana” tempat kejadian tersebut. Hal tersebut menunjukkan bahwa dimensi waktu dan ruang atau tempat saling melengkapi.

Check Also

Apa perbedaan active information gathering dan passive information gathering​?

Apa perbedaan active information gathering dan passive information gathering​? Jawaban Jenis-jenis teknik pengumpulan informasi adalah …