Apa yang dilakukan raja Namrud setelah nabi Ibrahim a.s menghancurkan patung-patungnya​

Apa yang dilakukan raja Namrud setelah nabi Ibrahim a.s menghancurkan patung-patungnya​

Jawaban

Hal yang pertama yang dilakukan Raja Namrud  kepada Nabi Ibrahim a.s yang telah menghancurkan patung-patungnya adalah bertanya alasan kenapa Nabi Ibrahim a.s menghancurkan patung-patungnya. Dikarenakan perkataan Nabi Ibrahim a.s yang dirasa mencela patung – patung tersebut maka raja Namrud pun memberikan hukuman kepada Nabi Ibrahim a.s dengan membakarnya hidup-hidup.

Pembahasan

Nabi Ibrahim a.s diperintahkan oleh Allah SWT untuk mendakwahi kaum Babilonia yang pada saat itu menganggap Raja Namrud sebagai penjelmaan Tuhan dan mengibadahi berhala atau patung – patung. Nabi Ibrahim a.s ditimpa beberapa ujian dalam proses dakwahnya kepada kaum Babilonia. salah satu Mukjizat Nabi Ibrahim a.s pada saat ujian tersebut adalah tetap hidup walaupun telah mendapatkan hukuman untuk dibakar hidup – hidup.

Mendengar perkataan Nabi Ibrahim setelah menghancurkan patung – patung yang dapat  merubah sebagian kaum Babilonia, menyebabkan Raja Namrud menjatuhkan hukuman kepada Nabi Ibrahim a.s membakarnya hidup – hidup. Kisah ini pun diabadikan didalam QS. As-Saffat: 97-98. Selagi Nabi Ibrahim hendak dilempar ke perapian, sesosok malaikat hadir untuk menawarkan kebebasan untuk Ibrahim sehingga sanggup melarikan diri dalam menghadapi hukumannya, tetapi Nabi Ibrahim berkata: ” Cukuplah Yang Maha Melindungi yang memberi keselamatan kepada diriku.” Lalu malaikat itu beranjak pergi. Tatkala Ibrahim melompat ke perapian yang telah membara, seketika Allah berfirman kepada perapian tersebut sehingga menjadi keselamatan pada Ibrahim pada QS. al-Anbiya’: 69-70. Berkat lindungan yang berasal dari Allah, SWT, rakyat yang menyaksikannya menjadi takjub kepada Nabi Ibrahim yang dikarenakan tubuhnya tetap utuh tanpa terbakar sedikitpun.

Check Also

Jelaskan fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa​

Fungsi Pokok Pancasila Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa artinya pancasila adalah pemberi petunjuk dalam mencapai …