Pengertian afeksi dan besertanya contohnya

Pengertian afeksi dan besertanya contohnya

Jawaban

Pengertian afeksi adalah rasa kasih sayang. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), afeksi juga bermakna perasaan serta emosi yang sifatnya lunak. Afeksi oleh KBBI ditandai sebagai psi, artinya merupakan kata teknis yang berkaitan dengan ilmu psikologi. Manfaat afeksi tentu untuk memenuhi kebutuhan psikis atau rohani manusia. Contoh afeksi adalah ibu dan anak yang saling menyayangi yang dibuktikan dengan perilaku ibu yang melindungi anaknya dan memenuhi segala kebutuhannya.

Pembahasan

Afeksi adalah kata yang fungsinya untuk menjelaskan perasaan manusia yang melahirkan sikap yang lembut dan hangat, kepedulian, penerimaan, rasa suka, rasa sayang, perlindungan dan lain sebagainya. Afeksi tidak akan nampak di mana namun dirasakan manusia lewat bahasa tubuh, perlakuan dan sikap. Pada salah satu sumber disebutkan bahwa ada 3 jenis tanggapan dari afeksi yakni:

  1. Suasana hati.
  2. Emosi
  3. Perasaan tertentu.

Tanggapan afeksi dalam hal ini wujudnya mengambil bentuk sebagai intensitas gerak fisiologis baik dengan perasaan yang kuat atau lemah, maupun perasaan yang rendah atau tinggi. Tentu masing-masing manusia memiliki tanggapan berbeda-beda karena seberapa kuat afeksi mempengaruhi mereka juga berbeda. Mereka yang punya intensitas emosi yang kuat cenderung merasakan emosi positif dan negatif jauh lebih mendalam dari manusia lainnya.

Afeksi sendiri kemudian dibagi menjadi 2 yakni:

  1. Afeksi positif, adalah jenis afeksi yang melahirkan perasaan senang atau didominasi oleh perasaan yang menyenangkan.
  2. Afeksi negatif, adalah jenis afeksi yang cenderung didominasi perasaan tidak senang yang mencakup rasa gugup, marah atau merasa terhina.

Check Also

Bedakan tujuan pembelajaran menyimak di kelas rendah dengan tujuan pembelajaran menyimak di kelas tinggi

Bedakan tujuan pembelajaran menyimak di kelas rendah dengan tujuan pembelajaran menyimak di kelas tinggi Jawaban …