Apakah yang dimaksud produksi dan produsen?

Apakah yang dimaksud produksi dan produsen?

Jawaban

Berikut maksud dari produksi dan produsen:

  1. Produksi, adalah sebutan bagi kegiatan ekonomi yang dilaksanakan dengan menghasilkan produk atau menaikkan nilai produk.
  2. Produsen, adalah sebutan khusus bagi pelaku produksi.

Pembahasan

Produksi, bersama dengan distribusi dan konsumsi, diketakegorikan sebagai kegiatan ekonomi. Adapun makna ketiganya bisa dicermati berikut ini:

  1. Produksi, seperti disebutkan di atas, adalah kegiatan ekonomi yang terlaksana dengan menghasilkan produk atau menaikkan nilai suatu produk. Produk dalam hal ini bisa saja berupa barang atau jasa. Pelaku produksi adalah produsen.
  2. Distribusi, adalah salah satu kegiatan ekonomi yang terlaksana dengan cara menyalurkan produk hasil produksi dari produsen ke konsumen. Sebutan bagi pelaku distribusi adalah distributor. Sinonim distributor adalah penyalur.
  3. Konsumsi, adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan manusia dengan mengurangi atau bahkan menghabiskan nilai suatu produk. Pelaku konsumsi dinamakan konsumen.

Contoh produsen misalnya adalah perusahaan yang menghasilkan makanan beku seperti sosis dan nugget. Contoh distributor adalah mereka yang menyalurkan nugget atau makanan beku tersebut ke konsumen termasuk dalam hal ini pedagang sosis bakar atau sosis jenis lainnya. Adapun contoh konsumen adalah mereka yang membeli makanan beku dan sosis tersebut untuk dikonsumsi (bukan diperdagangkan kembali). Jika masih diperdagangkan maka masih disebut sebagai distributor atau penyalur.