Jika dalam surat dinas nama instansi/lembaga merupakan pengirim surat, maka dalam surat izin berfungsi sebagai​?

Jika dalam surat dinas nama instansi/lembaga merupakan pengirim surat, maka dalam surat izin berfungsi sebagai​?

Jawaban

Nama Instansi/lembaga dalam surat izin berfungsi sebagai penerima surat. Surat izin merupakan surat yang dibuat oleh seseorang yang terikat dengan suatu komunitas, lembaga, instansi atau perusahaan dimana dalam surat tersebut berisi permohonan izin. Sehingga, surat izin ini diperuntukkan atau ditujukan kepada instansi/lembaga dari seseorang atau bisa dibilang nama instansi/lembaga ini merupakan penerima surat.

Pembahasan

Surat meruapakan seperangkat tulisan yang menjelaskan pikiran dan perasaan seseorang untuk disampaikan kepada orang lain. Surat merupakan salah satu bentuk komunikasi tulisan. Oleh karena itu, komunikasi melalui surat akan memiliki karakteristik umum sebagaimana komunikasi tertulis. Secara umum surat dapat dibedakan sebagai surat pribadi dan surat resmi. Surat pribadi adalah surat yang dibuat dan dikirimkan seseorang kepada orang lain berisi berbagai permasalahan atau topik umum dalam konteks hubungan antar manusia. Surat resmi yang juga disebut sebagai surat dinas ialah surat yang berisi masalah kedinasan tertentu yang bersifat formal.

Perbedaan surat dinas dan surat izin, diantaranya adalah:

Fungsi: Surat dinas berfungsi sebagai surat perjanjian, alat pengingat, bukti sejarah tentang perkembangan instansi, pedoman kerja instansi, dan sebagainya. Sedangkan surat izin berfungsi sebagai suatu permohonan izin dari seseorang atas suatu keperluan dengan instansi bersangkutan.

2. Isi surat: Surat dinas berisi tentang masalah kedinasan atau pemerintahan. Sedangkan surat izin berisi tentang permohonan izin seseorang.

3. Penulis: Surat dinas hanya dibuat oleh pihak instansi pemerintahan. Sedangkan surat izin ditulis atau dibuat oleh seseorang yang terikat oleh suatu komunitas, lembaga, instansi atau perusahaan.

4. Penerima: Surat dinas ditujukan dari suatu instansi ke instansi lain. Sedangkan surat izin ditujukan dari seseorang kepada komunitas, lembaga, instansi atau perusahaan orang tersebut berkegiatan.

5. Contoh: Surat dinas contohnya adalah surat undangan rapat, surat pemberitahuan, surat perjalanan dinas, surat keputusan pemerintahan. Sedangkan contoh surat izin adalah surat permohonan izin tidak masuk, surat izin menggunakan fasilitas dan sebagainya.