Buat pemetaan keterhubungan kompetensi dasar dengan tema pemersatu. Kemudian diskusikan dari contoh yang ada

Buat pemetaan keterhubungan kompetensi dasar dengan tema pemersatu. Kemudian diskusikan dari contoh yang ada

Jawaban

Contoh pemetaan keterhubungan kompetensi dasar dengan tema pemersatu ”BINATANG” dalam bagan dan matriks di bawah ini. BAHASA INDONESIA Mendeskripsikan binatang di sekitar MATEMATIKA Memahami konsep urutan bilangan cacah PENGETAHUAN ALAM Mendeskripsikan bagian-bagian yang tampak pada hewan di sekitar rumah dan sekolah KERAJINAN TANGAN DAN KESENIAN Menanggapi berbagai unsur rupa: bintik, garis, bidang, warna, bentuk.

Pembahasan

Pada tahap ini dilakukan pemetaan keterhubungan kompetensi dasar masing masing mata pelajaran yang akan dipadukan dengan tema pemersatu. Pemetaan tersebut dapat dibuat dalam bentuk bagan dan atau matriks jaringan tema yang memperlihatkan kaitan antara tema pemersatu dengan kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran. Tidak hanya itu, dalam pemetaan ini harus tampak juga hubungan tema pemersatu dengan indikator-indikator pencapaiannya.

Kompetensi dasar adalah bentuk penguasaan peserta didik terhadap pengetahuan, perilaku, keterampilan, dan sikap setelah mendapatkan materi pembelajaran pada jenjang pendidikan tertentu. Kompetensi ini dikembangkan berdasarkan karakteristik peserta didik dan harus mengacu pada kompetensi inti yang telah dirumuskan.

Tujuannya mengacu pada aspek yang hendak dicapai di dalamnya, yaitu sebagai berikut.

  1. Meningkatkan pengetahuan di bidang kognitif.
  2. Mengasah bakat, minat, dan kemampuan.
  3. Mengajarkan norma-norma untuk mempraktikkan segala tugas yang menjadi tanggung jawabnya.
  4. Memperbaiki sikap individu.
  5. Dari beberapa poin di atas, jelas bahwa tujuan kompetensi ini tidak hanya sebatas memahamkan peserta didik pada suatu materi. Lebih dari itu, bagaimana mereka bisa mengimplementasikan itu di kehidupan sehari-hari secara mahir dan tanggung jawab.

Indikator merupakan tanda yang menunjukkan bahwa tingkat capaian kompetensi dasar bisa mengubah perilaku peserta didik yang dinilai dari sikap, pengetahuan, dan keterampilannya.

Sepertinya sudah tidak asing lagi dengan istilah indikator ini karena pengembangannya bisa dilakukan sampai pada tingkat satuan pendidikan. Adapun komponen-komponen yang harus diperhatikan saat menyusun indikator adalah sebagai berikut.

  1. Uraian indikator harus mengacu pada KD.
  2. Rumusan indikator harus mencakup kata kerja operasional yang terukur dan dapat diamati. Kata-kata tindakan yang dapat Anda gunakan, baik kognitif, emosional, atau psikomotorik, harus sesuai dengan level Anda.

Check Also

Bedakan tujuan pembelajaran menyimak di kelas rendah dengan tujuan pembelajaran menyimak di kelas tinggi

Bedakan tujuan pembelajaran menyimak di kelas rendah dengan tujuan pembelajaran menyimak di kelas tinggi Jawaban …