Jelaskan arti kesetaraan menurut Bikhu Parekh, berikan contohnya!

Jelaskan arti kesetaraan menurut Bikhu Parekh, berikan contohnya!

Jawaban

Arti kesetaraan menurut Bikhu Parekh yaitu manusia sebagai makhluk kultural memiliki beberapa kemampuan dan kebutuhan yang sama, tetapi perbedaan kultural setiap manusia yang sudah ada berbeda-beda, serta bisa membentuk kemampuan dan kebutuhan baru yang berbeda pula. Atau bisa disebut juga kesetaraan dalam perbedaan.

Contohnya yaitu multikulturalisme masyarakat Yogyakarta terutama masyarakat yang tinggal di kota Yogyakarta dan sekitarnya dikenal sebagai masyarakat multisuku karena terdiri dari aneka suku bangsa, misalnya Dayak, Bali, Tionghoa, Batak, Flores, Papua, Minangkabau.  Selain itu juga beragam berlatar belakang, gender, kelas sosial, agama, ras, budaya, dan bahasa yang beragam pula.

Pembahasan

Kesetaraan artinya adanya tingkatan dan kedudukan yang sama satu sama lain. Manusia selain sebagai makhluk kultural, juga mempunyai identitas bersama yang dimediasi oleh budayanya. Manusia merupakan makhluk yang sama tetapi juga berbeda. Sehingga manusia harus diperlakukan setara karena dua karakteristik itu yang menyebutkan bahwa manusia sebagai makhluk sama dan sebagai makhluk yang berbeda. Maka kesetaraan bukan artinya keseragaman perlakuan tetapi fokus pada interaksi antara keseragaman dan perbedaan.