Revolusi bumi merupakan perputaran bumi mengelilingi matahari. Akibat dari terjadinya revolusi bumi adalah

Revolusi bumi merupakan perputaran bumi mengelilingi matahari. Akibat dari terjadinya revolusi bumi adalah

Jawaban

Revolusi bumi merupakan perputaran bumi mengelilingi matahari. Revolusi bumi mengelilingi matahari ini akan memberikan beberapa dampak, diantaranya terjadinya perubahan musim. Pergantian musim ini sekaligus menjadikan bukti bahwa bumi selalu bergerak.

Pembahasan

Revolusi bumi adalah peristiwa bergeraknya bumi mengelilingi matahari. Waktu yang diperlukan bumi untuk satu kali revolusi disebut kala revolusi. Kala revolusi bumi adalah 365¼ hari atau disebut 1 tahun. Lintasan revolusi bumi berbentuk elips. Jadi selama satu tahun bumi berputar mengelilingi matahari sambil berotasi. Akibat yang terjadi karena revolusi bumi diantaranya adalah:

  • Perbedaan lama waktu siang dan malam
  • Gerak semu tahunan matahari
  • Perbedaan musim. Beberapa negara mengalami empat musim yaitu musim semi, panas, gugur dan musim dingin, sedangkan negara yang ada di dekat garis katulistiwa hanya dua musim.
  • Perubahan penampakan rasi bintang
  • Tahun kabisat. Kala revolusi bumi adalah 365¼ hari. Karena adanya perbedaan seperempat hari, maka untuk memudahkan penanggalan dibulatkan menjadi 365 hari. Tahun ke-4 ditambahkan 1 hari pada tanggal 29 Pebruari yang disebut tahun kabisat.

Check Also

Bagaimana unsur kebahasaan dalam karya ilmiah?

Unsur kebahasaan dalam karya ilmiah adalah 1) menggunakan kata ganti impersonal, 2) menggunakan kalimat pasif, …