Antonim dari kata thawilah adalah

Antonim dari kata thawilah adalah

Jawaban

Dalam Ilmu Tajwid, antonim atau lawan kata dari ‘Thawilah’ adalah Qashirah. Arti dari Thawilah adalah panjang sementara arti dari Qashirah adalah pendek.

Pembahasan

Dari aspek bahasa, kata Thawilah berasal dari kata Thawil (dituliskan sebagai طويل) yang bermakna panjang. Adapun lawannya (antonim) adalah kata Qasirun (dituliskan sebagaiقصير ) yang berarti pendek. Adapun jika dikaitkan dengan Ilmu Tajwid (bagian dari Mad Silah) maka Thawilah memang menjadi lawan dari Qashirah dengan rincian sebagai berikut:

  1. Mad Silah Qasirah, yakni huruf Mad yang berasal dari dari Ha’ Dhamir lalu bertemu dengan huruf-huruf selain hamzah sehingga hukum bacaannya adalah dipanjangkan sebanyak 2 HARAKAT.
  2. Mad Silah Tawilah, yakni huruf Mad yang berasal dari Ha’ Dhamir lalu bertemu dengan huruf-huruf hamzah sehingga hukum bacaannya adalah dipanjangkan sebanyak 5 HARAKAT.

Kata Tawilah yang bermakan panjang mengacu pada hukum bacaan yang dipanjangkan lebih banyak 3 harakat dari Mad Silah Qasirah. Tajwid sendiri dimaknai sebagai ilmu yang secara khusus mempelajari cara-cara dalam membunyikan serta mengucapkan huruf yang ada dalam Quran atau di luar Quran. Pokok pembelajaran dalam ilmu tajwid mencakup hal-hal seperti shifatul huruf, makhrijul huruf, ahkamul huruf, ahkamul maddi wal qasr, dan lain-lain.

Check Also

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila?

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila? Jawaban Menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila yang …