Illegal fishing dan masuknya kapal perang Malaysia ke perairan Ambalat merupakan contoh ancaman militer berupa?

Illegal fishing dan masuknya kapal perang Malaysia ke perairan Ambalat merupakan contoh ancaman militer berupa?

Jawaban

Illegal fishing dan masuknya kapal perang negara lain, seperti Malaysia ke perairan Ambalat adalah salah satu contoh ancaman militer berupa pelanggaran batas wilayah. Bentuk-bentuk lain dari ancaman militer ini adalah spionase, aksi teror, agresi, pemberontakan bersenjata, dan lain-lain.

Pembahasan

Ancaman militer adalah ancaman yang sangat membahayakan keutuhan dan kedaulatan wilayah suatu negara. Ancaman militer bisa datang dari luar negeri atau dalam negeri. Jika tidak dikelola dengan baik, ancaman militer dapat merusak pertahanan teritorial suatu negara. Tentara Nasional Indonesia diatur dengan Undang-Undang atau Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002. Undang-undang tersebut menyatakan bahwa ancaman militer adalah ancaman untuk mempekerjakan pasukan terorganisir dan dianggap membahayakan kedaulatan nasional, keutuhan wilayah nasional, dan keamanan nasional. Pelanggaran teritorial (batas wilayah) adalah salah satu perbuatan yang mengancam keutuhan dan kedaulatan wilayah suatu negara serta membahayakan bangsa negara tersebut. Pelanggaran teritorial dapat dilakukan dengan pesawat atau kapal laut. Contoh ancaman militer yang menginvasi wilayah kedaulatan adalah berlanjutnya aktivitas kapal penangkap ikan China yang memasuki perairan Indonesia  di Zona Ekonomi Eksklusif atau ZEE  Natuna.

Bentuk lainnya dari ancaman militer adalah spionase. Spionase adalah ancaman militer yang ditimbulkan oleh satu negara yang memata-matai negara lain. Tujuan spionase adalah untuk menemukan dan memperoleh dokumen rahasia yang dicari negara lain. Contoh ancaman spionase militer  adalah pembobolan sistem komputer militer AS tahun 2008 oleh agen spionase asing. Serangan itu dilakukan dengan menghubungkan flash drive yang berisi virus ke komputer militer AS di markas Timur Tengah.

 

Check Also

Sebanyak 0,37 gr Ca(OH)²(Mr=74) dilarutkan dalam air sampai volume 250 mL,maka PH larutan yg terbentuk adalah

Diketahui : • Massa dari Ca(OH)₂ = 0,37 gram • Mr Ca(OH)₂ = 74 • …