Sebutkan 3 kelebihan dan kekurangan gambar bitmap dan gambar vektor!

Sebutkan 3 kelebihan dan kekurangan gambar bitmap dan gambar vektor!

Jawaban

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari gambar Vektor:

Kelebihan Vektor

  1. Kapasitas ruang yang digunakan untuk menyimpan gambar dianggap lebih efisien.
  2. Objek pada gambar vektor dapat dilakukan perubahan pada ukuran tanpa harus melakukan penurunan kualitas gambar
  3. Bisa dilakukan pencetakan pada resolusi tertinggi
  4. Melakukan penggambaran dan penyuntingan dianggap menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Kekurangan Vektor

  1. Tidak dapat menciptakan sejauh objek dari gambar vektor yang dianggap prima jika melakukan  konversi terhadap objek gambar yang dimiliki apabila diambil dari format bitmap.
  2. Penggunaan prosesor sehingga memerlukan ukuran memori yang terbilang cukup besar.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari gambar bitmap:

Kelebihan Bitmap

  1. Ruang penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan gambar terbilang lebih kecil.
  2. Dapat menciptakan sebuah ojek dari gambar bitmap yang berasal dari objek gambar vektor dengan cara yang sangatlah amat mudah serta cepat.

Kekurangan Bitmap

  1. Pada objek gambar memiliki sebuah problem ketika dilakukan perubahan terhadap ukuran, terutama apabila gambar tersebut diperbesar.
  2. Efek yang akan didapatkan pada gambar bitmap akan terlihat pecah apabila dilakukan pencetakan dengan resolusi yang rendah.

Pembahasan

Vector merupakan gambar yang terbuat dari beberapa titik dan garis atau yang disebut poligon, dengan kombinasi gambar jenis ini melalui proses rumus matematika khusus dalam proses pembuatan gambar. Setiap alur vector sendiri dapat dengan mudah ditambah atribut agar dapat membuat berbagai bentuk yang diinginkan. Vector juga dapat menambah dan menghilangkan atribut seperti warna, nodes dan lainnya.

Bitmap merupakan gambar yang terbentuknya dari banyak titik dengan campuran warna di dalam grafis di komputer. Gambar ini adalah hasil dari susunan warna yang mewakili pixel warna dan tampil pada layar monitor. Gambar bitmap sendiri memiliki gambar yang tinggi dan lebar dalam bentuk pixel dengan jumlah bit. Beberapa contoh format gambar yang tergolong jenis bitmap seperti BMP, JPEG, GIF, dan PNG.