Pergaulan yang mengikuti aturan dan norma yang berlaku disebut pergaulan?

Pergaulan yang mengikuti aturan dan norma yang berlaku disebut pergaulan?

Jawaban

Jenis pergaulan yang memiliki sifat mengikuti aturan dan norma yang berlaku merupakan pergaulan yang disebut dengan pergaulan sehat (opsi B). Pergaulan bebas merupakan pergaulan yang tidak terkontrol, sementara pergaulan tidak sehat biasanya merupakan hasil dari pergaulan bebas.

Pembahasan

Pergaulan adalah suatu kerja sama antara satu individu dengan individu lainnya yang berupa interaksi antara satu sama lain. Dalam kehidupan manusia pada umumnya, terutama dalam masa anak-anak dan remaja, pergaulan merupakan bagian yang hampir pasti tidak dapat dielakkan.

Berdasarkan sifatnya, suatu bentuk pergaulan dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu pergaulan sehat dan pergaulan tidak sehat. Pergaulan sehat merupakan pergaulan yang memberikan efek positif bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya. Contoh efek positif tersebut antara lain adalah:

  • Meningkatkan rasa kepercayaan diri.
  • Meningkatkan kemampuan bersosialisasi.
  • Meningkatkan kemampuan akademis.

Orang-orang yang memiliki pergaulan yang sehat biasanya saling mendukung satu sama lain untuk meraih hal-hal baik yang mereka harapkan dalam hidup, seperti nilai yang baik, kebahagiaan/kepuasan batin dengan cara membantu sesama manusia, dan sebagainya.

Sementara itu, pergaulan tidak sehat merupakan pergaulan yang memberikan efek negatif bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya. Efek negatif tersebut biasanya terwujud dalam bentuk tekanan batin/mental, penderitaan fisik, maupun tingkah lakunya dalam kehidupan sehari-hari. Contoh dari efek negatif pergaulan tidak sehat antara lain adalah merokok, meminum minuman keras (alkohol) tanpa kesadaran diri, melakukan seks bebas, perkelahian (geng), dan sebagainya.

Check Also

Apa jenis cerita fiksi teks berjudul Si Pitung Berikan alasanmu ​

Apa jenis cerita fiksi teks berjudul Si Pitung berikan alasanmu ​ Jawaban Jenis cerita fiksi yang berjudul ‘Si …