Jelaskan secara singkat tentang keunikan dalam memainkan alat musik tradisional​

Jelaskan secara singkat tentang keunikan dalam memainkan alat musik tradisional​

Jawaban

Keunikan dalam memainkan alat musik tradisional terletak paling jelas dalam pengalaman dan pembelajaran yang terkandung di dalamnya. Ketika seseorang belajar hingga menampilkan suatu permainan alat musik tradisional, orang tersebut tidak hanya belajar tentang cara memainkan alat musik tersebut, tetapi juga belajar tentang tradisi dan adat yang melatar belakangi adanya alat musik tradisional yang ia mainkan.

Pembahasan

Musik tradisional adalah jenis musik yang tercipta dan berkembang dalam suatu kelompok masyarakat dalam daerah tertentu hingga akhirnya menjadi ciri khas (identitas) dari kelompok masyarakat maupun daerah tersebut.

Ciri-ciri musik tradisional antara lain adalah sebagai berikut:

  • Bersifat sederhana.
  • Mengandung filosofi yang sejalan dengan adat, tradisi, dan budaya asalnya.
  • Dilestarikan turun-temurun secara lisan (sehingga memiliki berbagai variasi).
  • Pada umumnya, musik tradisional yang berasal dari Indonesia menggunakan tangga nada pentatonis (tangga nada yang hanya memiliki lima nada pokok saja).
  • Lirik atau syair lagunya, apabila ada, menggunakan bahasa daerah setempat.

Pada umumnya, musik daerah dimainkan untuk mengiringi suatu ritual adat atau kebiasaan tertentu, mulai dari acara pernikahan, upacara keagamaan, hingga sebagai sarana hiburan masyarakat. Musik daerah juga sering kali digunakan untuk mengiringi tari daerah.