Apa yang dimaksud tari tradisional dan tari kreasi baru

Apa yang dimaksud tari tradisional dan tari kreasi baru

Jawaban

Tari tradisional adalah jenis tarian yang merupakan bagian dari kebudayaan suatu daerah tertentu. Tari tradisional diwariskan secara turun-temurun dalam kebudayaan tersebut. Sementara itu, tari kreasi baru adalah jenis tarian yang dikembangkan berdasarkan tari tradisional. Pengembangan tersebut dilakukan sesuai dengan perkembangan zaman, namun tetap mengandung nilai-nilai budaya di dalamnya.

Pembahasan

Tari tradisional dan tari kreasi baru mengandung beberapa perbedaan. Perbedaan tersebut terletak pada hal-hal berikut:

  • Asal tarian.
    Tari tradisional merupakan warisan generasi, sementara tari kreasi baru merupakan pengembangan tari tradisional (sehingga bersifat jauh lebih baru).
  • Sifat
    Tari tradisional memiliki sifat kedaerahan, sementara tari kreasi baru memiliki sifat modern.
  • Iringan
    Tari tradisional diiringi oleh iringan musik tradisional, sementara tari kreasi baru biasanya diiringi oleh perpaduan alat musik tradisional dan modern.

Tari kreasi pada umumnya disusun atau dibuat oleh karena pengaruh dari luar daerah. Pengaruh tersebut dikembangkan oleh kreativitas penciptanya, sehingga menghasilkan suatu tarian baru yang memiliki keunikan tersendiri. Tari kreasi baru biasanya memiliki gerakan yang tidak terikat pada pola gerak dan aturan tertentu.

Berdasarkan jenisnya, tari kreasi dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu tari kreasi berpolakan tradisi (masih mengandung esensi dari tari tradisional) dan tari kreasi baru tidak berpolakan tradisi (kontemporer).

Check Also

Contoh penggunaan metode ilmiah dapat ditemukan dalam penciptaan?

Contoh penggunaan metode ilmiah dapat ditemukan dalam penciptaan? Jawaban Metode ilmiah merupakan suatu cara sistematis …