Dalam sistem pemerintahan presidensial, pemerintah atau kabinet bertanggung jawab kepada?

Dalam sistem pemerintahan presidensial, pemerintah atau kabinet bertanggung jawab kepada?

Jawaban

Sistem pemerintahan memiliki berbagai macam seperti presidensial, parlementer, semipresidensial, komunis, liberal, dan demokrasi-liberal. Pada sistem pemerintahan presidensial, pemerintah atau kabinet bertanggung jawab kepada presiden.

Pembahasan

Sistem pemerintahan presidensial berarti semua pemerintahan dan negara diatur dan dikepalai oleh seorang presiden. Ciri-ciri dari sistem pemerintahan presidensial adalah:

  • Presiden sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan.
  • Presiden berhak untuk mengangkat dan memberhentikan menteri-menteri yang memimpin baik lembaga departemen maupun lembaga non-departemen.
  • Menteri-menteri yang diangkat oleh presiden hanya diberikan pertanggungjawaban untuk mengabdi hanya kepada presiden (kekuasaan eksekutif) bukan kepada parlemen (kekuasaan legislatif).
  • Presiden merupakan lembaga eksekutif yang dipilih dan diangkat oleh rakyat melalui DPR atau perantara negara.
  • Adanya lama masa jabatan tertentu untuk presiden, wakil presiden, serta parlemen. Apabila masa jabatan telah selesai, maka akan dilaksanakan pemilihan umum.
  • Parlemen tidak berada dibawah pengawasan presiden secara langsung dan sebaliknya.

Check Also

Pergaulan yang mengikuti aturan dan norma yang berlaku disebut pergaulan?

Pergaulan yang mengikuti aturan dan norma yang berlaku disebut pergaulan? Jawaban Jenis pergaulan yang memiliki sifat mengikuti aturan …