Kalau ada orang yang mengekspresikan rasa syukur dengan jalan tidak berbuat maksiat dengan nikmat yang telah diberikan oleh Allah Swt. Maka sesungguhnya orang tersebut mempunyai sikap yang sama dengan

Kalau ada orang yang mengekspresikan rasa syukur dengan jalan tidak berbuat maksiat dengan nikmat yang telah diberikan oleh Allah Swt. Maka sesungguhnya orang tersebut mempunyai sikap yang sama dengan

Jawaban

Orang yang mewujudkan rasa syukur kepada Allah dengan tidak berbuat maksiat atas nikmat yang telah diberikan maka orang tersebut memiliki sifat seperti Imam Ghazali. Karena cara bersyukur menurut Imam Ghazali ada 4, yaitu syukur dengan hati, syukur dengan lisan, syukur dengan perbuatan, dan menjaga nikmat dari kerusakan. Maka dengan tidak berbuat maksiat temasuk cara bersyukur dengan menjaga nikmat dai kerusakan.

Pembahasan

Adapun cara bersyukur kepada Allah SWT menurut Imam Al-Ghozali terdiri dari empat, yaitu:

  • Bersyukur dengan Hati.

Dilakukan dengan menyadari bahwa nikmat yang kita peroleh sepenuhnya dari Allah SWT. Syukur dengan hati dapat memudahkan hati seseorang untuk menerima anugerah dengan penuh kerelaan tanpa keberatan berapapun banyaknya nikmat.

  • Bersyukur dengan Lisan.

Mengucapkan Alhamdulillah ketika memperoleh nikmat dari Allah SWT. Lisan seseorang digunakan untuk memuji Allah yang telah menganugerahkan nikmat kepada hambanya.

  • Syukur dengan Perbuatan.

Syukur juga dapat diwujudkan dengan perbuatan  dengan cara segala nikmat dan kebaikan yang kita terima digunakan di jalan yang diridhoi Allah. Misalnya untuk beribadah kepada Allah, membantu orang lain dari kesulitan, dan perbuatan baik lainnya. Nikmat Allah harus digunakan secara semestinya untuk berbuat kebaikan.

  • Menjaga Nikmat dari Kerusakan.

Ketika nikmat didapatkan, maka sebaiknya dipergunakan dengan sebaik-baiknya dengan mengusahakan untuk menjaga nikmat itu dari kerusakan. Begitu pula dengan nikmat iman dan Islam, maka wajib dijaga dari “kepunahan” yang disebabkan oleh ingkar, murtad, lemahnya iman, dan perbuatan maksiat lainnya. Oleh karenanya, kita senantiasa memupuk keimanan dengan cara shalat, membaca Al-Qur’an, datang ke majelis-majelis taklim/pengajian, berdzikir dan berdoa. Dan juga kita harus menjaga diri dari perbuatan yang dapat merusak iman.

Check Also

Contoh penggunaan metode ilmiah dapat ditemukan dalam penciptaan?

Contoh penggunaan metode ilmiah dapat ditemukan dalam penciptaan? Jawaban Metode ilmiah merupakan suatu cara sistematis …