Evaluasi memiliki peranan penting dalam suatu proyek, sebutkan peran penting apa saja yang dimaksud!

Evaluasi memiliki peranan penting dalam suatu proyek, sebutkan peran penting apa saja yang dimaksud!

Jawaban

Peran penting evaluasi dalam suatu proyek ialah untuk menentukan apakah suatu proyek (kegiatan) layak dijalankan atau tidak, ditinjau dari segi manfaat dan waktu pengerjaannya.

Pembahasan

Evaluasi dalam suatu proyek atau yang biasa disebut evaluasi proyek ialah suatu kegiatan menilai dan menganalisa apakah suatu proyek (kegiatan) layak dijalankan atau tidak, dengan melihat dari azas manfaat dan azas waktu pengerjaan.

Azas manfaat ialah keuntungan yang didapat dari suatu proyek (kegiatan), manfaat disini bisa berupa manfaat ekonomi, misalkan laba yang akan didapat jika proyek (kegiatan) tersebut berhasil di jalankan, atau non ekonomi, misalkan kelestarian lingkungan.

Azas waktu ialah rentang waktu yang diperlukan untuk menjalankan suatu proyek (kegiatan), rentang waktu disini di usahakan tidak terlalu lama

Dalam evaluasi proyek selain mengetahui apakah suatu kegiatan bermanfaat atau tidak, serta memungkinkan atau tidak dilakukan dalam waktu yang sudah ditentukan, juga melihat apakah kegiatan tersebut dapat dijalankan secara keseluruhan atau hanya sebagian saja.