Sebutkan 10 usulan sikap dan tindakan yang patut dilakukan dengan benar dalam menghadapi kemajemukan etnis dan agama!

Sebutkan 10 usulan sikap dan tindakan yang patut dilakukan dengan benar dalam menghadapi kemajemukan etnis dan agama!

Jawaban

Sifat terhadap pluralisme atau kemajemukan di Indonesia:

  1. Kembangkan resistensi terhadap perbedaan
  2. Memahami berbagai karakteristik masyarakat multidimensi
  3. Pengakuan perbedaan dalam masyarakat multidimensi
  4. Mengesampingkan perbedaan
  5. Utamakan persatuan daripada perbedaan
  6. Menghargai ras, suku, atau golongan lain
  7. Bersatu untuk melindungi Indonesia
  8. Bersikaplah rendah hati kepada orang lain
  9. Saling membantu tanpa pandang bulu
  10. Jangan melakukan kegiatan yang merugikan orang lain

Pembahasan

Nilai-nilai pluralistik adalah pilar penting kehidupan bermasyarakat. Banyaknya pertanyaan tentang berbagai makna kehidupan sosial menjadikannya topik yang menarik bagi para kritikus dan pemimpin kelompok. Mengkategorikan apa yang dimaksud dengan kelompok yang sangat luas, ada teori tentang dominasi identitas mereka sendiri.

Ketika kita berbicara tentang “pluralisme”, sering diidentikkan dengan istilah pluralisme. Pluralisme dapat diartikan  beragam atau beragam. Tergantung pada jumlah kelompok di wilayah masyarakat dibagi berdasarkan kelompok atau klasifikasi. Di sisi lain, sudah sewajarnya seorang individu  bersifat dinamis,  artinya banyak terjadi perubahan (perkembangan) dan  perbedaan. Perbedaan  keragaman itu wajar.

Untuk mencapai keragaman, perlu dipahami secara kolektif bahwa setiap individu atau kelompok memiliki ciri  dan identitasnya masing-masing, yang tentunya berbeda-beda. Ada juga yang bersifat bawaan, seperti identitas bawaan dan sifat  yang biasa disebut dengan primitivisme.

Salah satu sikap pertama yang harus ditunjukkan dalam masyarakat multidimensi adalah kesediaan untuk menerima perbedaan-perbedaan ini. Makna jamaknya bisa melalui toleransi terhadap sesama manusia. Hal ini dapat menjelaskan bahwa  keragaman apapun dapat dihormati dengan pikiran dan tindakan yang santun dan bijaksana.