Buat peta konsep mengenai nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan negara​

Buat peta konsep mengenai nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan negara​

Jawaban

Membuat peta konsep termasuk soal praktik, siswa tidak bisa diwakilkan. Oleh sebab itu maka jawaban hanya akan membahas nilai-nilai Pancasila yang terwujud dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan NKRI. Nilai-nilai Pancasila yang mendasari praktik penyelenggaraan pemerintahan antara lain:

  1. Nilai ketuhanan, terdapat dalam sila pertama.
  2. Nilai kemanusiaan, terdapat dalam sila kedua.
  3. Nilai persatuan, terdapat dalam sila ketiga.
  4. Nilai kerakyatan, terdapat dalam sila keempat.
  5. Nilai keadilan, terdapat dalam sila kelima.

Pembahasan

Dalam Pancasila sendiri, terdapat setidaknya 3 nilai, yakni:

  1. Nilai dasar.
  2. Nilai instrumental.
  3. Nilai praksis.

Adapun kelima nilai yang disebutkan di awal jawaban adalah nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila. Sementara yang dimaksud dengan nilai instrumental adalah nilai dasar Pancasila yang kemudian dijabarkan dan ditetapkan lebih lanjut dalam instrumen-instrumen negara seperti UUD 1945, Undang-undang, Peraturan Pemerintah dan lain sebagainya. Terakhir, nilai praksis Pancasila adalah nilai instrumental yang kemudian dipraktikkan secara nyata dalam segala aspek kehidupan kita baik dalam bermasyarakat, berbangsa maupun benegara. Nilai praksis inilah yang kemudian kita jumpai dipraktikkan dalam penyelenggaraan pemerintahan Negara Republik Indonesia (NKRI).

Jika harus menyebutkan contoh nilai praksis dari Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan, contoh paling nyatanya adalah Pemilu. Pemilu ini adalah wujud nyata dari pelaksanaan nilai kerakyatan yang terkandung dalam sila keempat Pancasila. Lewat Pemilu, rakyat bisa memilih siapa saja wakil rakyat yang mereka percaya dan kehendaki untuk menduduki kursi kekuasaan dan mengupayakan kesejahteraan bersama.

Catatan:

Untuk contoh peta konsep bisa kalian lihat pada bagian lampiran jawaban ini. Sebagai contoh, artinya peta konsep tersebut bisa kalian kembangkan dan sesuaikan lagi lebih lanjut agar lebih terperinci.

Check Also

Terjadinya migrasi penduduk di Indonesia ke pusat-pusat perkebunan dan pusat pusat industri terjadi pada masa?

Terjadinya migrasi penduduk di Indonesia ke pusat-pusat perkebunan dan pusat pusat industri terjadi pada masa? …