Jelaskan dimensi Sosio kultural yang mendorong integrasi nasional Indonesia!​

Jelaskan dimensi Sosio kultural yang mendorong integrasi nasional Indonesia!​

Jawaban

Dimensi sosio kultural merupakan suatu dimensi yang melihat bahwa integrasi nasional dapat didorong dengan letak suatu wilayah atau negara. Letak tersebut dilihat berdasarkan keadaan sosial dan budaya daerah yang terlibat terhadap daerah sekitarnya.

Pembahasan

Dalam mewujudkan integrasi Nasional Indonesia dilihat dari beberapa dimensi yaitu dimensi horizontal dan dimensi vertikal.  Dalam dimensi vertikal bertujuan untuk menggambarkan persepsi dan perilaku para elit.  Pada masa itu dilakukan dengan cara  menghilangkan atau mengurangi kesenjangan antara kelompok yang berpengaruh dengan kelompok yang tidak memiliki power. Sedangkan dimensi horizontal berpacu pada upaya menjembatani perbedaan yang dilahirkan oleh faktor teritorial termasuk  faktor kultural  dengan jalan mengurangi kesenjangan yang ditimbulkan oleh faktor-faktor.

Singkatnya dimensi sosio kultural ini merupakan hubungan antara manusia manusia dengan budaya atau  lingkungan wilayah disekitarnya. Dalam dimensi ini manusia terikat hubungannya dengan kebudayaan yang ada. Sehingga dibutuhkan pengimplementasikan demi menciptakan karakter yang bagus dan dapat mendorong integrasi nasional nantinya.

Integrasi nasional sangat diperlukan oleh negara indonesia karena dari integrasi nasional dapat mempersatukan perbedaan-perbedaan yang ada di indonesia, sehingga tidak adanya konflik perpecahan yang terjadi dikarenakan perbedaan semata.

Check Also

Sebanyak 0,37 gr Ca(OH)²(Mr=74) dilarutkan dalam air sampai volume 250 mL,maka PH larutan yg terbentuk adalah

Diketahui : • Massa dari Ca(OH)₂ = 0,37 gram • Mr Ca(OH)₂ = 74 • …