Setelah selesai melakukan wawancara kita harus membuat?

Setelah selesai melakukan wawancara kita harus membuat?

Jawaban

Setelah melakukan wawancara hal yang harus dilakukan adalah membuat laporan hasil wawancara. Laporan tersebut mengenai topik yang dibahas ketika melakukan wawancara. Segala informasi yang didapatkan ketika melakukan wawancara harus dituangkan dalam laporan wawancara.

Pembahasan

Laporan hasil wawancara harus ditulis dengan sistematis karena nantinya akan dijadikan sumber informasi bagi pembaca yang membutuhkan. Seperti halnya kita ketahui bahwa tujuan diadakan wawancara adalah untuk mendapatkan informasi secara akurat dan terpercaya. Biasanya laporan wawancara terdiri dari latar belakang wawancara, tujuan dilakukannya wawancara, waktu dan tempat, topik pembahasan, hasil wawancara, kesimpulan dan saran.

Kesimpulan wawancara yang ada pada laporan wawancara merupakan hasil  yang  paling ditunggu dari kegiatan wawancara.  Inti dari laporan tersebut biasanya dilaporkan dalam bagian akhir dengan sub judul kesimpulan. Latar belakang merupakan penjelasan yang memuat sebuah alasan dilakukannya wawancara.

Alasan pembuatan wawancara dideskripsikan secara rinci dengan menggunakan bahasa yang baik dan tidak bertele-tele agar si pembaca dapat memahami dengan mudah. Biasanya jika kehabisan kata penulis cenderung kebingungan sehingga ia melakukan pengarangan bahasa yang luar biasa membingungkan. Bahasa yang lugas akan memudahkan pembaca mengenali apa yang dimaksudkan dalam laporan tersebut. Sehingga diharapkan informasi yang disampaikan akan dapat dengan mudah diterima secara baik oleh orang orang yang membutuhkan laporan tersebut.  Pewawancara juga tidak sia sia dalam mencari informasi jika dinilai bermanfaat.

Check Also

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila?

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila? Jawaban Menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila yang …