Sebutkan dan jelaskan secara lengkap cara penyelesaian sengketa internasional secara damai dan kekerasan!

Sebutkan dan jelaskan secara lengkap cara penyelesaian sengketa internasional secara damai dan kekerasan!

Jawaban

Penyelesaian sengketa internasional secara damai ada beberapa macam yaitu dengan arbritase, penyelesaian yudisial, negosiasi, good offices, mediasi, konsiliasi, enquiry atau penyelidikan, penyelesaian di bawah Naungan Organisasi PBB.

Penyelesaian sengketa internasional secara kekerasan ada beberapa macam yaitu pertikaian bersenjata, retorsi, reprasial, blokade damai.

Pembahasan

Penyelesaian sengketa internasional secara damai ada beberapa macam yaitu dengan:

  1. Arbritase, penyelesaian suatu masalah atau sengketa perdata di luar peradilan hukum.
  2. Penyelesaian yudisial, proses penyelesaian sengketa internasional melalui pengadilan internasional yang dibentuk sebagaimana mestinya berdasarkan kaidah hukum yang berlaku.
  3. Negosiasi, suatu upaya penyelesaian sengketa yang dilaksanakan langsung oleh pihak yang bersengketa melalui dialog tanpa ada keikutsertaan dari pihak ketiga.
  4. Good offices, tindakan pihak ketiga yang membawa ke arah terselenggaranya negosiasi, tanpa berperan serta dalam diskusi mengenai substansi atau pokok sengketa yang bersangkutan.
  5. Mediasi, suatu cara penyelesaian sengketa internasional melalui perundingan dengan melibatkan pihak ketiga. Pihak ketiga atau sebagai mediator terlibat secara aktif dalam proses perundingan.
  6. Konsiliasi, sebuah proses penyelesaian sengketa oleh pihak ketiga atau suatu komisi konsiliasi yang dibentuk oleh para pihak.
  7. Enquiry atau penyelidikan, suatu proses dimana penyelidik yang netral menemukan fakta dengan tujuan untuk menyelesaikan sengketa yang muncul karena perbedaan pendapat, bukan masalah yang sifatnya hukum murni.
  8. Penyelesaian di bawah Naungan Organisasi PBB, dalam hal ini proses penyelesaian yang dilakukan oleh para anggota PBB dilakukan tanpa ada perang ataupun kekerasan, yang diatur dalam pasal 2 Piagam PBB.

Penyelesaian sengketa internasional secara kekerasan ada beberapa macam yaitu:

  1. Pertikaian bersenjata, adalah  perang yang didahului oleh pernyataan dari suatu negara atau suatu sengketa antarnegara yang disertai pengerahan angkatan bersenjata negara.
  2. Retorsi, pembalasan dendam oleh suatu negara terhadap tindakan-tindakan tidak pantas atau tidak patut dari negara lain, balas dendam tersebut dilakukan dalam bentuk tindakan-tindakan sah yang tidak bersahabat di dalam konferensi negara yang kehormatannya telah dihina.
  3. Reprasial, pembalasan yang dilakukan oleh suatu negara terhadap tindakan yang melanggar hukum dari negara lawan dalam suatu sengketa.
  4. Blokade damai. tindakan blokade yang dilakukan pada waktu damai, dengan maksud untuk memaksa negara yang diblokade agar memenuhi permintaan negara yang memblokade.

Check Also

Jelaskan fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa​

Fungsi Pokok Pancasila Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa artinya pancasila adalah pemberi petunjuk dalam mencapai …