Bagaimana cara membuat larutan pewarna dalam pembuatan batik jumputan sederhana?​

Bagaimana cara membuat larutan pewarna dalam pembuatan batik jumputan sederhana?​

Jawaban

Larutan pewarna untuk batik jumputan dapat berupa pewarna alami ataupun sintetis. Pewarna sintetis berisi bahan kimia yang dapat didapatkan di toko-toko dan memiliki banyak pilihan warna. Pewarna alami didapatkan dari hasil alam seperti kunyit ataupun daun suji. Pada langkah berikut, ialah contoh membuat larutan dengan bahan alami. Untuk membuat larutan pewarna batik jumputan, perlu dipersiapkan alat dan bahannya.

Alat dan bahan

  1. Kompor
  2. Panci
  3. Air
  4. Pengaduk
  5. Saringan
  6. Kunyit untuk warna kuning
  7. Daun suji untuk warna hijau
  8. Ulekan

Cara membuatnya ialah

  1. Tumbuk bahan utama yaitu kunyit dan daun suji
  2. Panaskan air sampai mendidih
  3. Masukkan kunyit lalu aduk sampai warna kekuningan
  4. Rebus daun suji di panci lainnya
  5. Setelah warna dirasa pekat, matikan kompor, lalu saring rebusan air
  6. Pewarna batik jumputan siap dipakai
  7. Tidak jarang dalam mewarnai batik jumputan, beberapa pengrajin menambahkan garam dalam pewarnanya.

Pembahasan

Jumputan ialah salah satu jenis kerajinan tekstil berupa batik yang dihasilkan dari cara membuatnya yang disebut dengan teknik jumputan. Teknik ini dilakukan dengan cara mengikat kencang beberapa bagian kain untuk kemudian dicelupkan ke dalam larutan pewarna. Nama lain batik jumputan ialah batik ikat celup.

Cara membuatnya berbeda dengan batik tulis yang menggunakan malam dan canting. Kain sebelumnya digambar pola untuk kemudian dijahit menurut pola agar kain dapat mengikuti motif tertentu. Kemudian, kain dicelupkan ke larutan pewarna. Hasilnya, jalur jahit tidak akan terkena warna dan akan membentuk pola tertentu. Pembuatan pola juga dapat menggunakan media lain yaitu, kelereng, batu, uang koin, atau biji-bijian.

Teknik ini berasal dari Tiongkok untuk kemudian berkembang sampai ke Nusantara. Kelompok yang membawa teknik ini ialah para penyintas dari India yang datang untuk berdagang. Batik ini biasanya ditandai dengan warna-warna yang cerah, berbeda dengan batik pada umumnya. Komoditas ini cukup menjanjikan dengan harga perhelainya bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Check Also

Sebanyak 0,37 gr Ca(OH)²(Mr=74) dilarutkan dalam air sampai volume 250 mL,maka PH larutan yg terbentuk adalah

Diketahui : • Massa dari Ca(OH)₂ = 0,37 gram • Mr Ca(OH)₂ = 74 • …