Orang yang mampu berpikir kritis termasuk pendidikan agama?

Orang yang mampu berpikir kritis termasuk pendidikan agama?

Jawaban

Pemahaman terkait orang yang mampu berpikir kritis termasuk dalam pendidikan agama islam dapat dikategorikan sebagai bentuk dari usaha Ulil  Albab yaitu seseorang yang mampu berpikir kritis atau berpikir secara mendalam menggunakan akal sehat dan pengamatan yang layak dalam melakukan kegiatan sehari-hari atau masalah yang muncul dilingkungan sekitarnya.

Pembahasan

Allah memerintahkan manusia sebagai pelindung dan pengelola alam semesta dengan segala isinya terdapat banyak faktor dan bentuk yang ditemukan didalam alam semesta. Untuk itu diperlukannya suatu cara dan strategi untuk memberikan hasil maksimal terhadap pemanfaatan makhluk hidup demi mencapai kelangsungan hidupnya, Proses pengamatan yang dilakukan melalui alat Indra manusia dapat membantu sebagai solusi dalam menentukan pilihan dan keputusan. Proses itu diartikan sebagai cara alami manusia untuk senantiasa berpikir seperti halnya pemahaman tentang Ulil Albab suatu cara yang dilakukan untuk berpikir dan menambah pengetahuan melalui kontribusi pikiran dan akal yang sehat sehingga dapat menentukan pilihan terbaiknya ketika puncak dari pemikiran kritis berupa sebuah keputusan. Adapun ciri-ciri orang yang menerapkan perilaku berpikir kritis yaitu:

  1. Peduli terhadap setiap problematika lingkungan sosial dan kebudayaan pengetahuan.
  2. Tidak pernah bosan terhadap informasi dan berita yang sedang hangat untuk diperbincangkan.
  3. Rajin dan suka membaca buku untuk menambah wawasan dan ciri khas manusia untuk terus memantapkan diri ketika melakukan pemikiran yang kritis.

Check Also

Apa perbedaan active information gathering dan passive information gathering​?

Apa perbedaan active information gathering dan passive information gathering​? Jawaban Jenis-jenis teknik pengumpulan informasi adalah …