Sebutkan kaitan kerja jantung dengan peristiwa sehari-hari! ​

Sebutkan kaitan kerja jantung dengan peristiwa sehari-hari! ​

Jawaban

Aktivitas yang dilakukan dalam kehidupan sehari – hari berpengaruh terhadap kerja jantung. Semakin berat aktivitas maka akan semakin bertambah kerja jantung juga. Karena aktivitas yang berat atau lebih akan memerlukan energi dan oksigen yang lebih banyak sehingga jantung harus memompa darah lebih cepat daripada saat melakukan kegiatan yang santai.

Pembahasan

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai peran penting dalam tubuh manusia. Jantung memiliki 4 bagian yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan dan bilik kiri. Jantung memiliki peran yaitu untuk mengendalikan peredaran darah yang melibatkan pembuluh darah sebagai salurannya. Kerja jantung dipengaruhi oleh beberapa hal :

  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Kegiatan / aktivitas yang dilakukan
  • Suhu tubuh

Berdasarkan faktor – faktor yang menjadi pengaruh kerja jantung salah satunya adalah aktivitas tubuh yang dilakukan dalam kehidupan sehari – hari. Bagi orang – orang yang memiliki kerja lebih, akan diperlukan energi lebih banyak energi dan oksigen dalam melakukan aktivitas daripada orang yang lebih santai dalam melakukan aktivitasnya.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan energi dan oksigen dalam kegiatan sehari-hari, jantung harus memompa lebih cepat dan frekuensi denyut jantung lebih banyak dari pada seseorang yang melakukan kegiatan lebih santai. Jika frekuensi denyut jantung meningkat maka suhu tubuh juga akan mengalami peningkatan.

Berikut ini contoh – contoh aktivitas sehari – hari yang memerlukan energi lebih banyak:

  1. Berlari
  2. Mengangkat benda berat
  3. Bersepeda

Check Also

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila?

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila? Jawaban Menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila yang …