Ide pokok atau gagasan utama dalam sebuah paragraf dapat ditemukan dengan memperhatikan?

Ide pokok atau gagasan utama dalam sebuah paragraf dapat ditemukan dengan memperhatikan?

Jawaban

Ide pokok atau gagasan utama dalam sebuah paragraf dapat ditemukan dengan memperhatikan letak kalimat utamanya. Menemukan ide pokok merupakan suatu keterampilan dalam membaca yang sangat penting untuk dikuasai oleh seorang penulis.

Pembahasan

Ide pokok adalah bagian dari semua kalimat yang bisa ditemukan di paragraf. Ide pokok tersebut bisa terdapat secara langsung di dalam tulisan, namun ada juga yang tidak diungkapkan langsung. Ide pokok ini sangat penting sebagai dasar untuk penulisan, karena ide pokok ini merupakan poin atau gagasan yang ingin diberikan oleh si penulis kepada pembaca. Ide pokok merupakan dasar untuk mengembangkan suatu paragraf. Adapun jenis paragraf berdasarkan kalimat utamanya adalah sebagai berikut :

  1. Paragraf deduktif merupakan paragraf yang kalimat utamanya berada pada awal paragraf. Dimana paragraf ini biasanya digunakan dalam mengemukakan persoalan pokok atau kalimat yang di ikuti dengan kalimat penjelas.
  2. Paragraf Induktif merupakan paragraf yang kalimat utama nya berada di akhir paragraf.
  3. Paragraf campuran merupakan paragraf yang memiliki kalimat utama atau gagasan utama di awal atau di akhir. Biasanya jenis dari paragraf ini akan dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok yang di ikuti dengan kalimat utama sebagai penjelas.

Adapun cara untuk mencari ide pokok dalam paragraf adalah mengidentifikasi topik, merangkum bacaan, cari kalimat pertama dan terakhir, mencari pengulangan ide.

Check Also

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila?

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila? Jawaban Menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila yang …