Gerakan pembaruan Islam dengan meniru pola sistem pendidikan yang diterapkan bangsa barat dalam mengembangkan?

Gerakan pembaruan Islam dengan meniru pola sistem pendidikan yang diterapkan bangsa barat dalam mengembangkan?

Jawaban

Gerakan pembaharuan Islam dalam bidang pendidikan meniru pola sistem pendidikan bangsa barat dalam mengembangkan ilmu sains dan teknologi. Upaya pembaharuan Islam dalam bidang pendidikan dipelopori antara lain oleh Muhammad Ali Pasya, Rifa’ah Badawi at-Tahtawi, Jamaluddin al- Afgani, Muhammad Abduh dan Muhammad Rasyid Ridha dengan gagasan pemikirannya masing-masing tentang pendidikan.

Pembahasan

Pembaruan islam adalah dimulai sejak tahun 1800 Masehi hingga sekarang (disebut periode modern) di mana muncul gagasan progresif untuk memajukan islam setelah mengalami penurunan pada periode pertengahan. Para tokoh pembaharu Islam berupaya menyesuaikan paham keislaman dengan kemajuan IPTEK sehingga bisa meraih kejayaan kembali.

Upaya yang dilakukan oleh para tokoh mencakup banyak bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan. Berikut upaya tokoh pembaharu Islam dalam bidang pendidikan:

  • Pendidikan harus bersifat universal untuk semua golongan (menurut Rifa’ah Badawi at-Tahtawi).
  • Bertumpu kepada Al-Qur’an kembali (menurut Jamaluddin al- Afgani).
  • Menentang sistem dualisme, dalam lembaga-lembaga pendidikan umum harus diajarkan agama. Sebaliknya, dalam lembaga-lembaga pendidikan agama harus diajarkan ilmu pengetahuan modern (Muhammad Abduh).

Check Also

Apa perbedaan active information gathering dan passive information gathering​?

Apa perbedaan active information gathering dan passive information gathering​? Jawaban Jenis-jenis teknik pengumpulan informasi adalah …