Jelaskan pemahaman aliran realisme dan romantisme dalam gaya seni rupa kelompok representatif dan sebutkan pola pelukis yang tergolong kedua aliran tersebut​!

Jelaskan pemahaman aliran realisme dan romantisme dalam gaya seni rupa kelompok representatif dan sebutkan pola pelukis yang tergolong kedua aliran tersebut​!

Jawaban

Pemahaman aliran realisme adalah aliran seni yang memandang dunia ini apa adanya yang menggambarkan kenyataan yang benar benar ada tanpa mengurangi atau menambahkan. Pemahaman aliran romantisme adalah aliran seni rupa yang cenderung imajiner, melukiskan cerita yang romantik, dramatis, fantastik, irasional, indah, dan absurd.

Pembahasan

Aliran Representatif adalah perwujudan dari gaya seni rupa yang menggunakan atau memanfaatkan keadaan yang nyata pada kehidupan masyarakat dan gaya alam. Aliran yang termasuk kedalam representatif adalah:

  1. Naturalisme (aliran yang penggambaran seni rupa dengan alami atau natural sesuai dengan keadaan alam dan situasi alam nyata sehingga perbandingan perspektif tekstur atau warna serta gelap terang dibuat dengan detai).
  2. Realisme (aliran seni yang memandang dunia ini apa adanya yang menggambarkan kenyataan yang benar benar ada tanpa mengurangi atau menambahkan).
  3. Romantisme (aliran seni rupa yang cenderung imajiner, melukiskan cerita yang romantik, dramatis, fantastik, irasional, indah, dan absurd).
  4. Ekspresionisme (aliran seni rupa yang penggambarannya sesuai dengan keadaan jiwa penggambarnya yang spontan pada saat melihat objek karyanya).
  5. Impresionisme (aliran seni rupa yang penggambarannya sesuai dengan kesan saat objek tersebut dilukiskan di atas kanvas oleh pelukis).
  6. Surialisme ( aliran seni rupa yang menggunakan bentuk dan warna seperti dalam mimpi, pelukis mengembangkan daya khayalnya untuk menyampaikan pikiran dan perasaan mereka melalui bentuk dalam karyanya).

Check Also

Bagaimana dampak positif dan dampak negatif dari sistem teknologi saat ini

Dampak positif dari sistem teknologi saat ini adalah:   Pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. …