Yang benar kata teknik atau tehnik?

Yang benar kata teknik atau tehnik?

Jawaban

Kata baku adalah kata yang dalam penggunaannya telah sesuai dengan kesepakatan atau standar yang berlaku. Antara kata teknik atau tehnik yang baku adalah kata teknik.

Pembahasan

Dalam penulisan bahasa indonesia terdapat dua jenis kata yaitu kata baku dan kata tidak baku.

Kata baku adalah kata yang dalam penggunaannya telah sesuai dengan kesepakatan atau standar yang berlaku. Standar di Indonesia  mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PEUBI). Dalam konteks berbicara kata baku tidak selalu digunakan. Misalnya dalam kegiatan sehari-hari, kata baku menyesuaikan dengan konteks tempat kata tersebut berada. Contoh dari kata baku adalah akhirat, aksesori, aktif, aluminium, ambulans, analisis, teknik, dan lainnya. Ciri dari kata baku adalah tidak dipengaruhi oleh bahasa lainnya baik daerah maupun asing (notes: ada beberapa kata yang telah mengalami peleburan dan menjadi kata baku), bukan merupakan bahasa percakapan, tidak ambigu atau mengandung makna ganda, dan lainnya.

Kata tidak baku adalah kebalikan dari kata baku sendiri dan penggunaannya tidak sesuai dengan aturan dan standar yang berlaku sehingga sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Contoh dari kata tidak baku adalah akherat, asesoris, aktip, aquarium, alumunium, ambulan, analisa, antri, anugrah, dan lainnya. Ciri dari kata tidak baku adalah terdapat bahasa yang digunakan dalam sehari-hari oleh karena itu biasanya terdapat bahasa daerah dan bahasa asing didalamnya, katanya mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman yang berlaku, memiliki beberapa kata yang bermakna sama, dan lainnya.

Check Also

Strategi menciptakan dan mengenalkan value dari produk kita sehingga menghasilkan kepuasan bagi pembeli, merupakan pengertian dari?

Strategi menciptakan dan mengenalkan value dari produk kita sehingga menghasilkan kepuasan bagi pembeli, merupakan pengertian …