Bangsa Indonesia harus menunjukkan sebagai negara yang kuat dan mandiri, tahan uji, serta mampu mengelola konflik kepentingan, hal ini sangat di perlukan dalam strategi mengatasi ancaman dalam bidang?

Bangsa Indonesia harus menunjukkan sebagai negara yang kuat dan mandiri, tahan uji, serta mampu mengelola konflik kepentingan, hal ini sangat di perlukan dalam strategi mengatasi ancaman dalam bidang?

Jawaban

Pasal 30  (1) sampai dengan (5) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945  menyatakan bahwa:

  1. Setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban untuk ikut serta dalam  pertahanan dan keamanan negara.
  2. Tentara Nasional Indonesia terdiri atas Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara sebagai sarana nasional yang bertanggung jawab atas pertahanan, perlindungan, dan pemeliharaan keutuhan dan kedaulatan negara.
  3. Kepolisian Negara Republik Indonesia bertugas melindungi, membina, melayani dan menegakkan hukum masyarakat sebagai sarana pemerintahan untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Pembahasan:

Integrasi nasional itu sendiri terdiri dari menghubungkan semua bagian dengan keseluruhan, dan setiap bagian menciptakan kesatuan yang harmonis dalam satu negara Republik Indonesia atau Republik Indonesia dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Indonesia merupakan negara yang sangat besar baik secara budaya maupun wilayah, namun di sisi lain merupakan nilai plus bagi negara tersebut karena dapat memanfaatkan kekayaan alam Indonesia dengan baik dan mengelola budaya  yang kaya untuk kepentingan rakyat banyak. Isu-isu baru seperti ancaman integrasi nasional serta manfaat

Ancaman yang dihadapi negara Indonesia. Baik berupa ancaman militer maupun non militer.

  • Ancaman Militer. Ancaman militer adalah ancaman dari pasukan yang terorganisir karena kedaulatan, keutuhan wilayah nasional, dan kemampuannya untuk membahayakan keamanan seluruh bangsa.
  • Ancaman nonmiliter. Ancaman nonmiliter memiliki karakteristik yang berbeda dengan ancaman militer. Artinya, mereka tidak  fisik dan tidak terlihat seperti ancaman militer. Ancaman nonmiliter berupa ancaman  ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945  mengatur tentang strategi pertahanan dan keamanan negara Indonesia untuk mengatasi ancaman integrasi nasional.

Check Also

bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut

Bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut? es batu yang berbentuk balok pada tiap-tiap wadah berbentuk sama besar dan berjumlah sama banyak