Hiasan gambar pada bus dan kereta api termasuk karya?

Hiasan gambar pada bus dan kereta api termasuk karya?

Jawaban

Hiasan gambar pada bus dan kereta api termasuk karya DekoratifGambar dekoratif merupakan gambar dengan corak dekor atau hias. Corak dekor ini berupa tumbuhan, hewan dan manusia yang sudah digayakan sehingga tidak lagi mirip dengan bentuk yang sebenarnya.

Pembahasan

Dekoratif dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah hal-hal yang berkenaan dengan dekorasi. Sedangkan dekorasi diartikan sebagai hiasan atau perhiasan dari ruangan, jalan, gedung dan lain sebagainya.

Gambar dekoratif adalah gambar yang bercorak dekor, yaitu gambar dengan hiasan yang wujudnya rata, tidak menampakkan jarak, isi, perspektif dan juga umumnya sudah tidak mirip dengan bentuk yang sebenarnya karena digayakan.

Motif Hias Dekoratif

Pada gambar dekoratif, motif hias dibagi menjadi 3, yaitu:

  • Motif Figuratif (motif dengan figur manusia yang digambar dengan mendapatkan penggayaan bentuk. Manusia sebagai salah satu objek dalam penciptaan motif hias mempunyai beberapa unsur, baik secara terpisah maupun menyatu).
  • Motif Alami (mengacu pada semua hal yang terdapat di alam seperti flora, fauna, benda alam seperti gunung, batu, dan air).
  • Motif Geometris (motif yang dikembangkan dari bentuk-bentuk geometris dan sudah digayakan sesuai dengan selera dan imajinasi pembuatnya).

Check Also

Bagaimana dampak positif dan dampak negatif dari sistem teknologi saat ini

Dampak positif dari sistem teknologi saat ini adalah:   Pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. …