Cara hidup masyarakat purba pada masa food gathering senantiasa berpindah-pindah. Hal ini sering disebut dengan

Cara hidup masyarakat purba pada masa food gathering senantiasa berpindah-pindah. Hal ini sering disebut dengan

Jawaban

Cara hidup berpindah-pindah pada masa food gathering disebut Nomaden. Dimana sekelompok manusia purba akan berpindah tempat dari suatu daerah ke daerah lain. Mereka akan berpindah mencari tempat tinggal baru jika di tempat tinggal mereka makanannya sudah habis.

Pembahasan

Nomaden adalah cara hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain secara berkesinambungan atau terus-menerus untuk bertahan hidup. Cara hidup ini ada sejak Zaman Batu Tua atau Paleolitikum dan terjadi sampai Zaman Mesolitikum atau Zaman Batu Tengah.

Food Gathering adalah masa dimana manusia purba mencari makanan dengan cara berburu atau meramu untuk bertahan hidup. Mereka masih belum bisa untuk memproduksi makanan jadi hanya bisa mengandalkan alam untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Manusia purba pada masa food gathering mengandalkan alam sekitar untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka. Namun, ketersediaan bahan pangan alam seperti buah dan hewan masih terbatas dalam jangka waktu tertentu. Sehingga ketika sumber pangan di daerah yang mereka tinggali sudah semakin dikit, mereka akan berpindah ke daerah lain yang masih memiliki banyak sumber pangan untuk mereka.

Check Also

Apa perbedaan active information gathering dan passive information gathering​?

Apa perbedaan active information gathering dan passive information gathering​? Jawaban Jenis-jenis teknik pengumpulan informasi adalah …