Sistem kasta yang paling rendah dalam pembedaan antar kelompok masyarakat Hindu adalah

Sistem kasta yang paling rendah dalam pembedaan antar kelompok masyarakat Hindu adalah

Jawaban

Kasta paling rendah dalam pembedaan tingkat antar kelompok pada masyarakat hindu adalah Kasta Sudra (jika pembagian kasta empat). Namun, ada kasta dalam Hindu India Kuno yang lebih rendah dari Sudra yaitu Kasta Paria, kasta paria ini jauh dari perlakuan manusiawi yaitu para pembersih Kakus, Tukang cuci dll. Kasta Paria ini masih termasuk dalam Kasta Sudra tetapi perlakuannya memang berbeda. Jadi, Kasta terendah dalam Masyarakat Hindu adalah Kasta Sudra

Pembahasan

Kasta adalah Sistem pelapisan sosial yang ditandai dengan pewarisan status sosial secara turun temurun. Sistem Kasta ini diterapkan dalam masyarakat Hindu, timbulnya sistem kasta ini disebabkan adanya proses sosial yang terjadi yang mengaburkan pengertian warna. Maksud dari mengaburkan pengertian warna ini adalah melahirkan tradisi kasta yang membagi tingkatan atau derajat seseorang berdasarkan kelahiran atau keturunan.

Dalam Masyarakat Hindu Kasta dibagi menjadi empat yaitu: Kasta Brahmana, Kasta Ksatria, Kasta Waisya, dan Kasta Sudra.

  1. Kasta Brahmana, merupakan kasta tertinggi dalam pembedaan tingkat kelompok masyarakat hindu. Kasta Brahmana adalah mereka yang mengabdikan diri pada urusan Spiritual (Agama) dan juga pendidikan, yang termasuk Kasta Brahmana yaitu para pendeta, para guru, para pemuka agama. Kasta Brahmana inilah yang biasanya memimpin upacara keagamaan mereka dan juga mengelola kuil.
  2. Kasta Ksatria, merupakan kasta yang diperuntukkan untuk mereka yang ada di pemerintahan ataupun lembaga militer. Biasanya mereka yang masuk dalam kasta ksatria ini tidak memiliki harta pribadi, semua milik negara/pemerintah/kerajaan. Yang termasuk dalam kasta ini yaitu tentara, presiden, raja, perdana menteri.
  3. Kasta Waisya, merupakan mereka yang bertugas untuk memakmurkan/mensejahterakan rakyat. Yang termasuk dalam kasta ini adalah para pedagang.
  4. Kasta Sudra, merupakan Kasta paling rendah dari ketiga kasta tadi, anggota dari kasta sudra ini merupakan mereka yang pekerjaannya mengandalkan kekuatan jasmani ketaatan serta ketekunannya.

Ada satu kasta yang paling rendah lagi (dalam India Kuno) yaitu Kasta Paria, kasta ini termasuk dalam kasta sudra tetapi terkadang mendapat perlakuan tidak manusiawi. Mereka yang termasuk kasta ini yaitu Para Tukang Cuci, Para pembersih kakus.

 

Check Also

1. Latar Belakang 2. Perumusan Masalah 3. Simpulan 4. Tujuan 5. Pembahasan Sistematika yang tepat untuk laporan penelitian

1. Latar Belakang 2. Perumusan Masalah 3. Simpulan 4. Tujuan 5. Pembahasan Sistematika yang tepat …