Ovarium menghasilkan hormon estrogen yang berfungsi

Ovarium menghasilkan hormon estrogen yang berfungsi

Jawaban

Hormon estrogen adalah salah satu hormon yang dihasilkan oleh ovarium. Hormon ini memiliki fungsi untuk memulai dan mengendalikan siklus menstruasi. Pada saat hamil, hormon ini memiliki fungsi untuk menjaga dan mempertahankan kekuatan rahim, menunjang perkembangan organ janin, membantu pertumbuhan kelenjar dan saluran susu dan menyalurkan nutrisi yang dikonsumsi ibu kepada janin.

Penjelasan

Hormon merupakan zat kimia yang dihasilkan oleh sel-sel khusus untuk memengaruhi berbagai sistem dan proses yang terjadi dalam tubuh. Hormon dapat disebut juga sebagai pembawa pesan kimia karena berfungsi untuk mengirimkan pesan ke jaringan dan organ dalam tubuh. Terdapat berbagai macam jenis hormon dalam tubuh berdasarkan sistemnya, seperti pada sistem pencernaan, sistem penyerapan gizi, fungsi seksual dan reproduksi, pertumbuhan dan perkembangan, pengaturan detak jantung, suhu tubuh, siklus tidur, dan lainnya.

Salah satu jenis hormon yang berperan pada sistem reproduksi adalah hormon estrogen. Hormon estrogen ini dihasilkan oleh ovarium. Hormon ini memiliki fungsi untuk memulai dan mengendalikan siklus menstruasi. Pada saat hamil, hormon ini memiliki fungsi untuk menjaga dan mempertahankan kekuatan rahim, menunjang perkembangan organ janin, membantu pertumbuhan kelenjar dan saluran susu dan menyalurkan nutrisi yang dikonsumsi ibu kepada janin.

Check Also

Apa jenis cerita fiksi teks berjudul Si Pitung Berikan alasanmu ​

Apa jenis cerita fiksi teks berjudul Si Pitung berikan alasanmu ​ Jawaban Jenis cerita fiksi yang berjudul ‘Si …