Zat pencemar di udara yang bereaksi dengan hemoglobin adalah

Zat pencemar di udara yang bereaksi dengan hemoglobin adalah

Jawaban

Zat-zat pencemar di udara memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan manusia yang menghirupnya. Zat pencemar di udara yang bereaksi dengan hemoglobin adalah Karbon Monoksida (CO).

Pembahasan

CO atau Karbon Monoksida dengan kadar yang tinggi merupakan salah satu jenis zat pencemar di udara. Karbon Monoksida (CO) merupakan zat yang berasal dari pembakaran yang tidak terlaksana dengan sempurna. Hal tersebut, mempengaruhi kesehatan manusia yang menghirupnya. Manusia yang menghirup Karbon monoksida (CO) akan terjadi reaksi/bereaksi dengan hemoglobin di dalam tubuhnya. Kemudian, menghasilkan Karbon Monoksida (CO) + Hemoglobin (Hb) = Karboksihemoglobin (HbCO). Di dalam tubuh, Karbon Monoksida (CO) dengan Oksigen (O) saling berkompetisi/bersaing dalam mengikat Hemoglobin (Hb). Efek samping yang akan diterima oleh manusia yang menghirupnya adalah terjadinya kekurangan oksigen di dalam tubuh.

Check Also

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila?

Mengapa menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila pertama Pancasila? Jawaban Menjaga lingkungan termasuk pengalaman sila yang …