Sungai campuran terjadi apabila airnya berasal dari gletser dan air hujan (mata air). Di Indonesia sungai ini hanya terjadi di pulau?

Sungai campuran terjadi apabila airnya berasal dari gletser dan air hujan (mata air). Di Indonesia sungai ini hanya terjadi di pulau?

Jawaban

Sungai campuran adalah sungai yang pembentukan alirannya atau airnya bersumber dari air hujan dan salju atau gletser yang mencair.  Sungai campuran ini hanya terdapat atau terjadi di wilayah Papua seperti sungai Digul.

Pembahasan

Hidrosfer berasal dari kata hidros yang berarti air dan sphere yang berarti lapisan. Hidrosfer atau lapisan air ialah ilmu yang mempelajari mengenai lapisan air atau hidrologi. Dalam lapisan air ada yang namanya perairan darat, yaitu semua bentuk air yang terdapat di daratan berupa air permukaan, air tanah, sungai, danau, dan sebagian air rawa.

Sungai adalah bagian muka bumi yang lebih rendah dibandingkan daerah sekitarnya miring berupa alur tempat air tawar mengalir menuju ke sungai induk atau ke laut. Jenis jenis sungai dapat dibedakan antara lain berdasarkan arah alirannya, pola alirannya, dan sumbernya. Sungai berdasarkan sumbernya dibedakan menjadi sungai hujan, sungai gletser dan sungai campuran.

Check Also

Bagaimana unsur kebahasaan dalam karya ilmiah?

Unsur kebahasaan dalam karya ilmiah adalah 1) menggunakan kata ganti impersonal, 2) menggunakan kalimat pasif, …