Jelaskan perilaku kurva-kurva permintaan pasar dalam model dua pasar dua industri

Jelaskan perilaku kurva-kurva permintaan pasar dalam model dua pasar dua industri

Jawaban

Perilaku-perilaku kurva-kurva permintaan dalam model dua pasar dua industri ialah :

  1. masing-masing kurva permintaan pada grafik di kedua industri tersebut mengalami sama-sama naik
  2. Salah satu kurva permintaan di Industri terbut kurvanya naik, sedangkan yang lain menurun

Pembahsan

Teori model dua pasar dua industri ialah adanya dua pasar (industri) yang berbeda tetapi satu sama lain memiliki keterkaitan.

Karena adanya keterkaitan maka kurva permintaannya memiliki perilaku tertentu yaitu :

  1. Kedua kurva permintaan sama-sama naik atau sama sama turun, Hal ini dikarenakan kedua produknya saling melengkapi (komplementer), misalkan: Kurva permintaan kendaraan bermotor dan kurva permintaan BBM, jika permintaan akan kendaraan bermotor meningkat, maka permintaan akan BBM juga meningkat, hal ini karena kendaraan bermotor perlu BBM untuk operasionalnya, demikian juga sebaliknya, jika permintaan kendaraan bermotor turun, maka permintaan BBM juga cendrung menurun
  2. Salah satu kurva permintaan menurun sedangkan yang lainnya naik, Hal ini dikerenakan kedua produk tersebut saling bersaing (kompetisi) atau keberadaannya saling menggantikan (subtitusi), Misalkan: kurva permintaan akan sepeda motor merk Honda meningkat, sedangkan kurva permintaan akan sepeda motor merk Yamaha menurun, hal ini disebabkan kedua produk sepeda motor tersebut saling bersaing (kompetisi) dalam memperebutkan pasar sepeda motor. Contoh lainnya ialah kurva permintaan akan layanan jasa transportasi umum meningkat, sementara kurva permintaan akan kendaraan pribadi bermotor menurun, hal ini karena layanan jasa transportasi umum bisa menggantikan peranan kendaraan pribadi bermotor dalam hal transportasi.