Jelaskan konsep pembaruan Nahdlatul Ulama dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan​

Jelaskan konsep pembaruan Nahdlatul Ulama dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan​

Jawaban

Upaya NU dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yaitu dengan membangun dan mengembangkan pendidikan serta perekonomian Indonesia.

Pembahasan

Nahdhatul Ulama atau  sering disingkat NU, merupakan salah satu ormas terbesar di Indonesia. Dengan basis massa yang sangat besar, tidak dapat dipungkiri bahwa peran dan perjuangan Nafdatur Ulama (NU) juga sangat penting di setiap eranya. Lahir sebagai ormas,

NU mengalami berbagai situasi yang  kemudian menjelma menjadi partai politik. Namun, meski NU kemudian kembali ke jati dirinya dan terlahir sebagai kelompok agama, anggotanya tetap bisa berpolitik.

Tidak diragukan lagi peran dan perjuangan NU setiap saat dalam  sejarah Indonesia. NU telah menjadi salah satu garda terdepan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Itu tidak semua. NU juga terlibat aktif dalam pencapaian kemerdekaan Indonesia dan berlanjut hingga saat ini. Besarnya pengaruh NU membuatnya sangat menarik untuk memperdalam pembahasan tentang peran dan perjuangan NU.

Dalam perjalanannya, NU memainkan peran penting bagi bangsa Indonesia. Sejak berdirinya, NU telah melakukan berbagai upaya untuk pembangunan masyarakat Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memajukan bidang pendidikan dengan mendirikan banyak madrasah dan pondok pesantren.

Metode pengajaran dan kurikulum yang digunakan terutama merupakan kombinasi dari pengetahuan agama dan  umum. NU juga mendirikan Ma’arif Institute pada tahun 1938 untuk mengkoordinir kerjasama dalam kegiatan pendidikan. NU juga mulai mengembangkan perekonomian masyarakat dengan mendirikan koperasi di Surabaya pada tahun 1929.

Koperasi ini memainkan peran utama dalam menjual dan mengatur barter di wilayah tersebut. Koperasi yang didirikan oleh NU ini  akhirnya melebarkan sayapnya pada tahun 1937  dan terus berkembang hingga Syirkah Mu’awanah didirikan.

Check Also

Pada masa pemerintahan Salahuddin Al-Ayyubi banyak menghadapi pemberontakan baik dari dalam maupun dari luar. Coba Sebutkan pemberontakan yang berasal dari dalam!

Pada masa pemerintahan Salahuddin Al-Ayyubi banyak menghadapi pemberontakan baik dari dalam maupun dari luar. Coba …