Interval yang sangat disarankan oleh pelatih bertujuan untuk?

Interval yang sangat disarankan oleh pelatih bertujuan untuk?

Jawaban

Interval yang sangat disarankan oleh pelatih bertujuan untuk penyesuaian tubuh (sebagai bentuk adaptasi tubuh). Tubuh sangat perlu untuk beradaptasi terlebih dahulu dalam melakukan aksi kebugaran jasmani.

Pembahasan

Kebugaran jasmani atau interval training adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian (adaptasi). Biasanya interval disebut juga latihan interval, olahraga ini merupakan aktivitas yang dilakukan dengan intensitas tinggi dalam waktu singkat. Waktu latihan interval sekitar 30 detik, kemudian diselingi oleh latihan intensitas rendah dalam jangka waktu yang lebih lama atau sekitar 1-2 menit. Sebagai contoh, jika melakukan gerakan awal dengan berjalan santai kemudian diselingi berjalan cepat dalam waktu singkat.

Selain intensitas, pengulangan dalam latihan interval juga menjadi hal yang penting dalam interval training. Sebagai contoh, jika kita berlari cepat selama 10 detik dan dilanjutkan dengan berjalan santai selama 50 detik. Jangan lupa untuk mengulangi pergerakan tersebut selama 3 sampai lima kali berturut-turut.

Ketika melakukan latihan interval dengan intensitas yang cepat dan tinggi, tubuh mampu membakar glikogen dalam otot. Sedangkan ketika melakukan latihan interval dengan intensitas rendah, tubuh kamu akan membakar karbohidrat.

Check Also

Jelaskan fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa​

Fungsi Pokok Pancasila Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa artinya pancasila adalah pemberi petunjuk dalam mencapai …